PENERAPAN DU PONT SYSTEM UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERBANKAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEI (PERIODE TAHUN 2012-2013)

GIAN DARMAWAN SURYAJAYA

Informasi Dasar

15.04.1761
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Kinerja keuangan merupakan salah satu elemen paling vital dalam perusahaan, sebuah perusahaan akan tumbuh dan berkembang saat memiliki kinerja keuangan yang baik. Menurut laporan bapenas ditahun 2013 sektor perbankan setidaknya menguasai (mengelola) 78,5% dari total keuangan yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meihat perusahaan perbankan Go Public mana yang memiliki kinerja keuangan terbaik dengan metode Du Pont System Analysis dan rasio-rasio yang tercakup didalamnya. Dengan teknik analisis ini dimungkinkan untuk mengetahui tingkat profitabilitas dan aktivitas perusahaan karena bersifat menyeluruh, Du Pont Analysis ini mencakup perhitungan Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TATO), Return On Assets (ROA), Financial Laverage Multiplier (FLM) dan Return On Equity (ROE). Sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberi referensi baik perusahaan sebagai referensi perbaikan kinerja atau investor sebagai analisa investasi mereka. Penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif dengan metode Kuantitatif dimana penelitian diskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2013 dengan jumlah populasi sebanyak 32 perusahaan dan seluruhnya dijadikan sampel. Pengolahan data sekunder menggunakan metode analisis Du Pont. Berdasarkan hasil penelitian ini rata-rata ROE pada industry perbankan yang Go Public yaitu 11% dan terdapat 20 perusahaan perbankan yang dinilai memiliki kinerja sangat baik, dan 12 perusahaan dengan kinerja tidak baik. PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk merupakan perusahaan perbankan Go Public di Bursa Efek Indonesia yang memiliki rata-rata kinerja keuangan terbaik selama periode tahun 2012-2013 dengan ROE rata-rata 27%, sementara PT. Bank Mutiara Tbk adalah perusahaan dengan kinerja paling rendah dengan rata-rata ROE (-31%). Kata kunci : Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TATO), Return On Assets (ROA), Financial Laverage Multiplier (FLM) dan Return On Equity (ROE).

Subjek

Finacial Management
FINANCIAL PERFORMANCE

Katalog

PENERAPAN DU PONT SYSTEM UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERBANKAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEI (PERIODE TAHUN 2012-2013)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIAN DARMAWAN SURYAJAYA
Perorangan
Arlin Ferlina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini