PENGARUH KEBUTUHAN PRESTASI, AFILIASI, DOMINASI, DAN OTONOMI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PENGUSAHA WANITA DI KOTA BANDUNG (Studi Pada Mitra Binaan Community Development Center PT. Telekomunikasi Tbk. Witel Jabar Tengah)

EVA SHELIA LAKSMI

Informasi Dasar

15.04.1745
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kaum wanita ikut memiliki peran besar dalam kemajuan perekonomian suatu negara. Perkembangan jumlah perempuan yang menjadi pemilik usaha dalam beberapa tahun bertambah banyak, sehingga pengusaha wanita mendapatkan banyak perhatian dari beberapa instansi, baik swasta maupun pemerintah. Perempuan Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dalam pemberdayakan dan meningkatkan peran wirausaha perempuan karena peran aktifnya menciptakan lapangan pekerjaan, menciptakan produk kreatif dan inovasi. Faktor penting yang berperan dalam mendorong perempuan menjadi wirausaha adalah motivasi sebagai salah satu aspek personalitas. Motif sosial ini dapat membangun motivasi seseorang untuk berwirausaha yang didasari oleh pemenuhan kebutuhan dimana salah satu komponennya adalah kepribadian individu. Penelitian ini membahas tentang motivasi terhadap keberhasilan usaha pengusaha wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuan prestasi, afiliasi, dominasi, dan otonomi terhadap keberhasilan usaha pengusaha wanita di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan uji regresi linear berganda dengan menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan metode probability sampling dengan teknik sampling jenuh yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 219 responden. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software Microsoft Excel dan tools statistik SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan prestasi dan kebutuhan afiliasi mempengaruhi keberhasilan usaha pengusaha wanita. Kebutuhan dominasi dan kebutuhan otonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha pengusaha wanita. Adapun saran bagi perusahaan adalah perlu menjadi perhatian bagi pihak-pihak atau lembaga-lembaga yang terkait dengan perkembangan pengusaha khususnya pengusaha wanita seperti Community Development Center PT. Telekomunikasi Tbk, IWAPI, pemerintahan, universitas, organisasi non pemerintah, dan jasa pengembangan bisnis harus memahami faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha pengusaha wanita untuk dapat memberikan bantuan asistensi khusus kepada pengusaha wanita. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menginvestigasi hubungan antara variabel motivasi lainnya terhadap sektor usaha dan perkembangan usaha. Kata Kunci: Kebutuhan Prestasi, Kebutuhan Afiliasi, Kebutuhan Otonomi, Kebutuhan Dominasi, dan Keberhasilan Usaha

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KEBUTUHAN PRESTASI, AFILIASI, DOMINASI, DAN OTONOMI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PENGUSAHA WANITA DI KOTA BANDUNG (Studi Pada Mitra Binaan Community Development Center PT. Telekomunikasi Tbk. Witel Jabar Tengah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVA SHELIA LAKSMI
Perorangan
Lia Yuldinawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini