ANALISIS POSITIONING FRANCHISE BUBBLE DRINK BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG (Studi pada Calais, Chatime, i-Cup, Presotea, Sharetea)

LUH AYU PARAMITA DEWI

Informasi Dasar

15.04.1718
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Belakangan ini banyak jumlah merek bubble drink yang mulai bermunculan di Indonesia selama 5 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa meningkatnya jumlah permintaan dari masyarakat dan persaingan bisnis bubble drink yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning lima merek bubble drink yang terkenal yaitu Calais, Chatime, i-Cup, Presotea dan Sharetea berdasarkan persepsi konsumen di kota Bandung. Persepsi konsumen ini diukur dengan 12 stimulus yaitu harga, suasana toko, rasa topping, rasa minuman, merek terkenal, variasi menu, lokasi outlet, pelayanan, desain, kesegaran produk, kebiasaan, dan status gaya hidup. Sampel diperoleh dari kuesioner yang dikumpulkan dari 400 responden yang didapat dengan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan teknik Multidimensional Scaling, yang menggambarkan persepsi atribut merek oleh konsumen, pasar potensial dan kondisi persaingan merek. Brand positioning menyiratkan bahwa konsumen mengingat informasi tertentu yang disampaikan oleh suatu merek. Penelitian ini menyediakan sumber informasi yang berguna bagi praktisi di industri bubble drink untuk mendapatkan pertimbangan terhadap posisi persaingan dan koordinasi strategi pemasaran. Penerapan analisis multidimensional scaling berbasis atribut pada merek bubble drink menghasilkan dua dimensi pokok yang mendasari perilaku konsumen dalam mengevaluasi yaitu dimensi “Product Concern” dan dimensi “Lifestyle & in-Store Influences”. Berdasarkan persepsi yang terbentuk, Calais dan Chatime paling banyak memiliki kemiripan karakteristik karena letaknya berdekatan. Sedangkan i-Cup, Presotea dan Sharetea merupakan merek bubble drink yang berbeda menurut persepsi pelanggan karena terletak jauh dari merek lain.

Subjek

CONSUMER PSYCHOLOGY
POSITIONING

Katalog

ANALISIS POSITIONING FRANCHISE BUBBLE DRINK BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG (Studi pada Calais, Chatime, i-Cup, Presotea, Sharetea)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUH AYU PARAMITA DEWI
Perorangan
Indira Rachmawati, Fajar S.A. Prabowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini