PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MANFAAT BUAH-BUAHAN DAN SAYUR-SAYURAN UNTUK ANAK-ANAK

RYAN PRATAMA SUGIHARTONO

Informasi Dasar

15.04.1717
741.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Buah dan sayur merupakan bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi, tetapi jarang dikonsumsi oleh mayoritas penduduk Indonesia khususnya anak-anak, padahal Indonesia adalah Negara yang sangat kaya dengan buah dan sayur. Kekurangan dalam mengonsumsi buah dan sayur dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan tidak seimbangnya asam basa tubuh sehingga dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Pada perancangan buku ilustrasi ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi terhadap beberapa sekolah dasar di Kota Bogor, studi pustaka dari buku yang berkaitan dengan perancangan, wawancara kepada narasumber terkait serta membagikan kuesioner kepada orangtua yang memiliki anak-anak. Selain itu penulis menggunakan analisis matriks perbandingan dengan membandingkan tiga buku sejenis.

Pada perancangan tugas akhir ini penulis bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor sebagai lembaga terkait. Yang mana nantinya buku ilustrasi tersebut akan diberikan kepada lembaga terkait guna membantu memberikan informasi mengenai buah dan sayur serta mengurangi angka kurang konsumsi buah dan sayur bagi anak-anak.

Konsep visual buku ilustrasi manfaat buah dan sayur menggunakan gaya ilustrasi kartun sederhana agar mendukung cerita dan sesuai dengan karakteristik anak-anak. Buku ilustrasi ini menggunakan warna yang diambil dari buah dan sayur yang dibahas disetiap seri buku. Penulis berharap anak-anak dapat tertarik untuk membaca buku serta menyukai dan mau mengonsumsi buah dan sayur.

Kata Kunci: Buah dan Sayur, Buku Ilustrasi, Anak Sekolah Dasar, Manfaat Buah, Manfaat
sayur, Buku Anak.

Subjek

BOOKS-GRAPHIC DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MANFAAT BUAH-BUAHAN DAN SAYUR-SAYURAN UNTUK ANAK-ANAK
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN PRATAMA SUGIHARTONO
Perorangan
Patra Aditia, Wirania Swasty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini