Logika Antropologi : Suatu Percakapan (Imajiner) Mengenai Dasar Paradigma

Achmad Fedyani

Informasi Dasar

15.01.1475
301
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Usia keilmuan bidang kajian Antropologi telah memasuki abad kedua. Sebagian orang sepakat bahwa Antropologi secara formal dianggap telah terbentuk sebagai suatu disiplin keilmuan pada awal abad ke-20, yakni sekitar awal tahun 1900-an. Menapaki usianya kini, kita menyaksikan bahwa cara pandang analisis teori dalam Antropologi sudah semakin beragam. Wacana dan perdebatan analisis keilmuan pun terus berlangsung. Sesungguhnya, apa yang sudah dan sedang terjadi dalam riuh dinamika kajian keilmuan Antropologitersebut?

Buku Logika Antropologi ini mengetengahkan uraian dan analisis berbagai topik penting dalam Ilmu Antropologi ditinjau dari perspektif filsafat logika. Disajikan dalam delapan (8) bagian, yakni: (1) Bricoleur-Bricolage; (2) Positivis-Relativis; (3) Idealis-Materialis; (4) Asal Usul; (5) Struktur-Fungsi; (6) Simbol-Struktur; (7) Konsensus-Konflik; dan (8) The Last ButNot Least.

Disajikan secara menarik dalam rangkaian percakapan—dialog imajiner—yang runut dan bernas, serta ditunjang dengan struktur teori dalam kajian Antropologi. Percakapan (imajiner) yang disampaikan dalam buku ini mengenai dasar paradigma, yakni sajian pemikiran dan analisis filsafat yang kompeten berdasarkan tradisi ilmiah yang mengungkapkan hubungan kausalitas keilmiahan secara lugas, tuntas, dan metodologis. Namun demikian, dalam percakapan seperti ini, keilmiahan itu melentur karena relativitas.

Subjek

ANTROPOLOGY
 

Katalog

Logika Antropologi : Suatu Percakapan (Imajiner) Mengenai Dasar Paradigma
978-602-1186-13-8
viii, 306p.: 23cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Achmad Fedyani
Perorangan
 
 

Penerbit

Prenadamedia Group
Jakarta
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini