Green Computing

i putu agus eka pratama, S.T., M.T

Informasi Dasar

15.01.1385
004.028
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
1

Green Computing sejatinya merupakan sebuah konsep, gerakan, dan paradigma pemanfaatan teknologi, yang dikaitkan dengan kondisi lingkungan hidup saat ini. Kemajuan teknologi memberikan banyak sekali pengaruh dan manfaat bagi manusia. Namun di sisi lain, terdapat ancaman kerusakan, kelestarian, dan kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi ini akibat dari teknologi-teknologi tersebut. Salah satunya adalah polusi akibat emisi karbon. Pemanfaatan teknologi komputerisasi (apabila tidak digunakan secara bijak) juga memicu terjadinya polusi karbon ini. Mengingat bahwa energi listrik yang digunakan berasal dari bahan bakar fosil.

Green Computing dicetuskan sebagai sebuah solusi untuk menyikapi pemakaian Teknologi Informasi dan seluruh teknologi lainnya secara bijak, dengan memperhatikan aspek keramahan lingkungan. Tentunya, pemanfaatan teknologi dan juga Teknologi Informasi di segala bidang kehidupan manusia, akan menentukan kompleksnya penerapan Green Computing di dalamnya. Untuk itulah, pada buku ini, disajikan sejumlah contoh implementasi Green Computing pada berbagai negara di dunia. Hal ini selain memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada pembaca mengenai implementasi Green Computing, juga memotivasi Indonesia agar turut mampu menerapkan Green Computing dengan baik.

Di akhir buku ini, penulis menyajikan sebuah praktek sederhana untuk menggunakan kembali (Reusable) komputer-komputer tua (lawas) maupun komputer-komputer berspesifikasi rendah, memanfaatkan sistem operasi Linux dan aplikasi-aplikasi Open Source. Pada praktek ini digunakan distro Linux Zorin versi Lite, yang diracik oleh para pengembangnya dengan Desktop Environtment (DE) dan aplikasi yang hemat konsumsi energi. Sehingga diharapkan praktek ini dapat turut membantu di dalam mengimplementasikan Green Computing. Meski demikian, Linux Zorin 9 versi Lite yang disajikan di dalam DVD bonus ini, juga dapat digunakan dengan baik pada komputer spesifikasi tinggi dan terbaru.

Subjek

DATA PROCESSING-COMPUTER SCIENCE
INFORMATION TECHNOLOGY, Green Energy, CLOUD COMPUTING,

Katalog

Green Computing
978-602-1514-69-6
xxii, 361p.: il.;
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

i putu agus eka pratama, S.T., M.T
Perorangan
 
 

Penerbit

informatika bandung
bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini