APLIKASI PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI DAN EVALUASI EFEKTIVITAS PRODUKSI BERDASARKAN RASIO KEUANGAN (STUDI KASUS:D'STAR DIGITAL PRINTING)

DEWI YULIANI

Informasi Dasar

15.06.353
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

D’STAR DIGITAL PRINTING merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan untuk memproduksi berbagai jenis produk seperti Banner, A3, Spanduk, Sticker dan Merchandise. Terdapat bermacam-macam produk merchandise yang diproduksi oleh D’STAR DIGITAL PRINTING diantaranya adalah Mug, Pin dan Gantungan Kunci. Dalam menentukan harga jual produknya, D’STAR DIGITAL PRINTING masih menggunakan metode taksiran. Hal ini disebabkan oleh belum dilakukan perhitungan biaya produksi yang muncul atas pesanan secara tepat, sehingga hasil penjualan yang diperoleh sering tidak sesuai dengan tingkat laba yang diinginkan. Di samping hal tersebut, untuk melihat kondisi keuangan perusahaan diperlukan suatu proses evaluasi laporan keuangan yang dapat menilai kinerja dan efektivitas produksi dalam perusahaan dengan menghitung nilai rasio keuangannya. Untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan, maka dibangun sebuah aplikasi yang dibuat menggunakan metode terstruktur menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity-Relationship Diagram (ERD) untuk perancangan data. Implementasi aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Industri manufaktur seperti D’STAR DIGITAL PRINTING akan sangat baik jika memiliki metode perhitungan biaya produksi menggunakan metode pengumpulan Job Order Costing yang dapat menghitung biaya produksi per pesanan dengan tepat. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi management perusahaan dalam menghitung biaya produksi atas pesanan, menangani pencatatan penjualan, pembelian dan dapat menghasilkan catatan akuntansi berupa jurnal, buku besar dan laporan laba rugi, serta menghasilkan laporan analisis rasio keuangan setiap bulannya. Aplikasi ini dalam melakukan pengujiannya menggunakan pengujian manual, aplikasi dan fungsionalitas. Kata Kunci: D’STAR DIGITAL PRINTING, Biaya Produksi, Rasio Keuangan, PHP, MySQL.

Subjek

ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI DAN EVALUASI EFEKTIVITAS PRODUKSI BERDASARKAN RASIO KEUANGAN (STUDI KASUS:D'STAR DIGITAL PRINTING)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI YULIANI
Perorangan
Asti Widayanti, Ruddi Kunadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini