APLIKASI PERHITUNGAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY BERDASARKAN VARIAN PRODUK (STUDI KASUS: CV DWI SUMBER, SEMARANG)

RIANTI RAHMAWATI

Informasi Dasar

15.06.348
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

CV Dwi Sumber adalah salah satu perusahaan manufaktur yang menangani penjualan dengan menawarkan varian produk. Dalam setiap bulannya perusahaan berhasil menjual produk sejumlah 15.000 produk. Proses pencataatan bahan baku sampai proses produksi dilakukan secara manual. Perusahaan melakukan pemesanan bahan baku dengan jumlah permintaan bahan baku yang sama tanpa mengecek jumlah persediaan bahan baku yang berada digudang. Hal ini menyebabkan sering terjadinya penumpukan bahan baku. Oleh karena itu, aplikasi ini menggunakan perhitungan metode Economic Order Quantity (EOQ) dengan menggunakan metode ini mampu mengetahui jumlah minimum pembelian bahan baku dan mampu menghemat biaya persediaan yang dikeluarkan. Perusahaan juga memerlukan keputusan persediaan pengaman (safety stock) dan pemesanan kembali (reorder point) dikarenakan mengingat ketidakpastian dalam mengolah bahan baku dan melakukan penjualan dalam setiap varian produknya. Perhitungan EOQ dalam aplikasi ini dilakukan dengan mengelompokkan permintaan bahan baku yang digunakan dalam varian produk. Perancangan sistem informasi yang digunakan pada aplikasi ini yaitu Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk proses bisnis yang akan dirancang. Aplikasi ini dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Aplikasi ini dapat menampilkan jurnal, buku besar dan laporan non akuntansi.

Kata Kunci: Economic Order Quantity, Safety Stock, Reorder Point, dan CV Dwi Sumber.

Subjek

ACCOUNTING METHOD
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY BERDASARKAN VARIAN PRODUK (STUDI KASUS: CV DWI SUMBER, SEMARANG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIANTI RAHMAWATI
Perorangan
Anak Agung Gde Agung, Fitri Sukmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini