aplikasi penerimaan sumbangan penunjang pendidikan dan uang bangunan berbasis desktop dan pemberitahuan melalui sms gateway dengan java (studi kasus: sman 1 Tasikmalaya)

FAIZAL ZULFIKAR

Informasi Dasar

15.06.345
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Institusi pendidikan dibagi dua berdasarkan statusnya yaitu institusi pendidikan negeri dan institusi pendidikan swasta. Institusi pendidikan negeri diselenggarakan oleh pemerintah sedangkan institusi pendidikan swasta diselenggarakan oleh non-pemerintah atau swasta berupa yayasan. SMA Negeri 1 Tasikmalaya merupakan salah satu sekolah menengah atas unggulan di Tasikmalaya. Dengan kondisinya sebagai sekolah yang diunggulkan, SMA Negeri 1 Tasikmalaya dituntut untuk memiliki teknologi yang maju dalam mendukung proses kegiatannya di sekolah. Pencatatan dana penerimaan yang bersumber dari Sumbangan Penunjang Pendidikan dan uang bangunan masih dilakukan secara manual. Pembuatan jurnal, buku besar dan laporan keuangan oleh bendahara berasal dari buku kas harian serta buku pengawasan yang ada di Tata Usaha namun masih dibuat menggunakan Microsoft office Excel. Hal ini menyebabkan proses pencatatan menjadi lebih lama. Aplikasi yang akan dibuat dapat melakukan pemberitahuan status keuangan setiap siswa melalui sms gateway kepada orang tua siswa. Aplikasi ini melakukan pengecekan secara otomatis terhadap status keuangan siswa. Apabila ada siswa yang belum melakukan pembayaran setelah tanggal 10 maka aplikasi akan mengirimkan pesan berupa sms gateway kepada setiap orang tua siswa bahwa siswa belum melakukan pembayaran. Adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam pencatatan dana pembayaran Sumbangan Penunjang Pendidikan dan uang bangunan dalam pembuatan laporan keuangan sehingga menghasilkan laporan keuangan yang tepat dan akurat.

Kata Kunci: Aplikasi, Sumbangan Penunjang Pendidikan, sms gateway, laporan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

aplikasi penerimaan sumbangan penunjang pendidikan dan uang bangunan berbasis desktop dan pemberitahuan melalui sms gateway dengan java (studi kasus: sman 1 Tasikmalaya)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAIZAL ZULFIKAR
Perorangan
Heriono Lalu, Eti Suprihatin
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini