IMPLEMENTASI DAN ANALISA PERFORMANSI PLATFORM KEYSTONE DALAM SERVICE IDENTITYBERBASIS OPENSTACK

SANDI PURNAMA

Informasi Dasar

15.04.1542
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berbicara mengenai jaringan komputer, tidak terlepas dari kumpulan beberapa komputer yang saling terhubung dan saling berkomunikasi. Jaringan komputer sendiri sangat erat hubungannya dalam kehidupan sehari-hari karena dengan adanya jaringan komputer tersebut banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Berbagai vendor teknologi jaringan seperti CISCO, Juniper, ZTE, ataupun Huwawei pun turut serta berpartisipasi dalam mendukung terselenggaranya jaringan komputer tersebut. Banyaknya vendor teknologi jaringan yang ada tidak serta merta membuat penerapan teknologi jaringan komputer berjalan dengan lancar. Hal tersebut disebabkan perbedaan dalam mengkonfigurasi, mengelola, serta memelihara perangkat dari masing-masing vendor teknologi jaringan itu sendiri.

 Sistem OpenStack dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut. OpenStack merupakan suatu sistem operasi SDN (Software Defined Network) berbasis OpenSource yang dapat mengontrol serta mengelola perangkat jaringan berbagai vendor dalam satu kendali. OpenStack memiliki service yang terdiri dari beberapa bagian blok yaitu dashboard, compute, storage, identity dan network. Pada tugas akhir kali ini hanya akan dibuat service identity yang berfungsi sebagai penyedia kemananan dalam terselenggaranya pertukaran informasi antar service yang ada. Identity service sendiri menggunakan platform keystone dalam penerapannya.

 Dari hasil perancangan identity service pada tugas akhir ini dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja platform keystone dapat dikatakan berjalan dengan baik dari mulai pembuatan user baru, pembuatan role, pembuatan tenant, pembuatan service, pembuatan endpoint, dan letak endpoint yang terlihat di sisi client. Selain itu identity service yang memberikan layanan keamanan ini juga tahan terhadap serangan SQL injection, XSS (Cross Site Scripting), DDOS (Distributed Denial of Service), dan brute force. Dengan adanya sistem OpenStack ini, sistem cloud computing akan semakin efektif dan efisien.

Kata kunci : SDN, OpenStack, Icehouse, Identity, Keystone

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISA PERFORMANSI PLATFORM KEYSTONE DALAM SERVICE IDENTITYBERBASIS OPENSTACK
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SANDI PURNAMA
Perorangan
Tody Ariefianto Wibowo, Joko Purnomo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini