APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSAPENYAKIT DALAM MENGGUNAKAN METODE FORWARDCHAINING DAN CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB(STUDI KASUS: POLIKLINIK PT POS INDONESIA BANDUNG)

ANDY PRATAMA NUGRAHA

Informasi Dasar

15.04.1530
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga, tanpa kesehatan manusia tidak bisa menikmati hidup. Penyakit dalam merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita. Penyakit dalam memiliki indikasi yang beragam dan gejala yang muncul hampir memiliki kemiripan. Tanpa pengetahuan yang baik dapat menyebabkan penanganan yang salah.

Semakin canggihnya ilmu kedokteran banyak hal yang sangat membantu tenaga medis untuk mendiagnosa suatu penyakit dan mengobati pasien. Salah satu alat bantu dalam melakukan diagnosa terhadap penyakit dalam adalah sistem pakar. Perancangan sistem pakar ini menggunakan metode Forward Chaining dan Faktor Kepastian (Certainty Factor). Nilai faktor kepastian bergantung pada banyaknya kecocokan masukan gejala terhadap satu penyakit serta besarnya nilai faktor kepastian antara gejala dan penyakit.

Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode Certainty Factor berdasarkan hasil pengujian keakuratan, tingkat keakuratan sistem telah dihitung secara sistematis dan didapat keakuratannya sebesar 85,3358% . Maka aplikasi sistem pakar ini layak untuk digunakan sebagai penunjang atau referensi dalam mendiagnosa penyakit dalam.

Kata-kunci : sistem pakar, penyakit dalam, forward chaining, certainty factor, web

Subjek

EXPERT SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSAPENYAKIT DALAM MENGGUNAKAN METODE FORWARDCHAINING DAN CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB(STUDI KASUS: POLIKLINIK PT POS INDONESIA BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDY PRATAMA NUGRAHA
Perorangan
Burhanuddin Dirgantoro, Astri Novianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini