PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PT. JASA PENGURUSAN TRANSPORTASI JATIDIRI TRANS

MOHAMMAD FARIZ SHIDQI

Informasi Dasar

15.04.1495
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan industri dibidang jasa kargo yang ada menyebabkan persaingan industri jasa kargo menjadi cukup ketat. Hal demikian menuntut para pengusaha dibidang ini harus berusaha keras untuk melakukan pengembangan terhadap identitas perusahaan, layanan, maupun produknya agar dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Salah satu inovasi yang harus mereka lakukan adalah dengan memberikan karakter khas maupun ciri khas terhadap identitas perusahaan, layanan, maupun produknya tersebut.

Dalam menghadapi persaingan, sebagai perusahaan kargo yang bergerak di bidang jasa transportasi ekspor maupun impor PT. Jasa Pengurusan Transportasi Jatidiri Trans masih belum bisa memantapkan citra konsumen dalam segi identitas visual perusahaan serta kurangnya kegiatan pengaplikasian identitas visual perusahaan terhadap media-media yang tepat bagi perusahaan untuk memperkuat citra jasa transportasi kargo dengan alat berat container tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu identitas visual yang sesuai dengan karakter perusahaan dan pengaplikasian identitas visual terhadap media promosi yang tepat sehinga brand awareness yang dimiliki oleh target konsumen PT. Jasa Pengurusan Transportasi Jatidiri Trans semakin tinggi.

Guna menjawab permasalahan diatas, Penulis berusaha memperoleh data yang dibutuhkan melalui metode observasi pada objek penelitian, studi pustaka mengenai teori-teori dalam perancangan Tugas Akhir ini, serta wawancara narasumber terkait. Setelah data diperoleh, barulah Penulis melakukan perancangan identitas visual dan pengaplikasian identitas visual terhadap media promosi yang sesuai untuk perusahaan. Dari data yang telah Penulis peroleh, Penulis menggunakan konsep kreatif yang berupa unsur laut dan unsur kapal kargo yang menjadi karakteristik dari perusahaan, yang pada akhirnya konsep kreatif tersebut dijadikan sebagai panduan dalam pembuatan identitas visual. Media-media yang digunakan dalam perancangan Tugas Akhir ini adalah papan nama, kartu nama, stationary, map folder, iklan majalah, website, e-book perusahaan, truk box, truk container, souvenir, dan seragam pegawai.

Diharapkan dengan adanya perancangan Tugas Akhir ini, akan mampu membantu PT. Jasa Pengurusan Transportasi Jatidiri Trans dalam memperkuat citra perusahaan yang dimilikinya, sekaligus merancang pengaplikasian identitas visual terhadap media promosi yang tepat sehingga calon konsumen lebih mengetahui keberadaannya. Selain itu, penulisan ini juga diharapkan dapat membantu pihak- pihak yang membutuhkannya.

Kata Kunci : Identitas Visual, Pengaplikasian Identitas Visual, Jatidiri Trans, Kargo

Subjek

DESIGN-LOGO
 

Katalog

PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PT. JASA PENGURUSAN TRANSPORTASI JATIDIRI TRANS
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD FARIZ SHIDQI
Perorangan
Gredi Gradana Sembada, Andreas Rio
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini