PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL DAN MONITORING KWH METER DIGITAL MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

HADI FAKARILMI

Informasi Dasar

15.04.1451
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Distribusi listrik di perumahan atau indekos adalah umumnya menggunakan alat ukur Kwh Meter. Namun pada alat ukur kwh meter yang ada saat ini belum sempurna jika diimplementasikan di indekos. Kwh meter saat ini tidak bisa mengetahuipenggunaan daya disetiap kamar indekos. Sehingga, pada saat menentukan penggunaan daya disetiap kamar, biasanya pemilik indekos menentukan dengan harga yang sama. Padahal penggunaan daya disetiap kamar bebreda. Hal ini dirasa kurang efektif.

Program ini menjelaskan tentang implementasi sistem pada Kwh meter. Sistem ini adalah penggunaan sistem pulsa pada Kwh meter yang akan di buat dengan cara pengisian pulsa dilakukan oleh pemilik kost dengan menggunakan sms gateway. Isi pesan dari sms gateway ini berupa code vocher yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain menggunakan sms gateway pengisian pulsa juga dapat dilakukan dengan menggunakan keypad. Selain itu, sistem ini akan mengirimkan pesan ke user ketika pulsa di Kwh meter tersebut habis.

Dalam penelitian ini telah dibuat alat ukur Kwh meter. Kwh meter tersebut menggunakan sistem pengisian pulsa berbasis sms gateway dan juga menggunakan keypad. alat ukur ini juga memiliki fungsi untuk memberi tahu user ketika pulsa di Kwh meter habis dan juga memberi tahu ketika PLN mati

Kata kunci : SMS Gateway, LCD, KWH Meter, Mikrokontroler

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL DAN MONITORING KWH METER DIGITAL MENGGUNAKAN SMS GATEWAY
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HADI FAKARILMI
Perorangan
Hafidudin, Mas Sarwoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini