"Heroes Of Indoensian" Aplikasi Game Tower Defense Indonesia Berbasis Android

Arifin Fajar, Mu’ti Cahyono ,Ditya Budi,PUTU DITYA BUDI SETIA,alfian fajar ghozali,riza inda mega mandasar

Informasi Dasar

15.06.264
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sejarah merupakan mata pelajaran yang wajib untuk dipelajari oleh setiap bangsa. Dengan belajar sejarah juga kita dapat mengembangkan nilai dan kecapakan sosial seperti nilai demokrasi, nasionalisme, patriotisme, bertanggung jawab, mandiri dan yang terpenting untuk kemajuan suatu bangsa. Akan tetapi pada saat ini, belajar sejarah sudah seperti momok yang ditakuti oleh siswa. Selama ini pendidikan sejarah diidentikan sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. Baik strategi, metode maupun teknik pembelajaran lebih banyak bertumpu pada pendekatan berbasis guru yang monoton. Tetapi sampai saat ini visualisasi yang diberikan dalam buku sejarah masih kurang menarik minat pembaca. Untuk memperkenalkan dan menanamkan sikap nasionalisme sejak dini tentunya diperlukan suatu media sebagai penunjang untuk terwujudnya informasi yang dapat menggambarkan dan memvisualisasikan karakteristik serta juga nilai-nilai perjuangan pahlawan. Adapun tujuan dari Heroes of Indonesian adalah untuk memperkenalkan kembali dan memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam perancangan Heroes of Indonesian, kami menggunakan metode yang dapat menunjang kelancaran dalam pembuatan game. Pertama kami menganalisis kebutuhan dari cerita yang kami gunakan yaitu sejarah pasca kemerdekaan dan bentuk visualisasi tokoh-tokohnya berbentuk Chibi. Perancangan User Interface/GUI disesuai dengan latar kejadian yang sesunguhnya. Pengimlementasiannya menggunakan game engine Unity. pengujian dan testing nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam pemeliharaan game ini.

Heroes of Indonesian merupakan game yang memberikan pengalaman dan informasi terkait perjuangan yang telah di lakukan oleh para pahlawan yang telah mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada saat pasca kemerdekaan Indonesia. Karakter yang ditampilkan adalah karakter yang mencerminkan pejuang saat perjuangan atau pahlawan Indonesia dan lawannya adalah company dari negara penjajah yang ingin kembali menjajah Indonesia. Dan juga game ini di rancang untuk memberikan pengalaman yang dimana sebelum permainan di mulai pemain diberikan informasi mengenai peperangan yang terjadi di suatu daerah. Setelah pemain membaca intro yang ada pada game, permainan pun dimulai. Setelah memenangkan permianan, pemain akan diberikan sebuah reward berupa monumen sesuai tempat terjadinya peristiwa. Tidak hanya itu, game ini juga dilengkapi dengan fungsionalitas AR (Augmented Reality) sehingga pemain nantinya dapat melihat monumen dengan bentuk 3D. Dengan bermain game ini, user lebih mudah untuk mempelajari tentang sejarah, sehingga dapat mengingat peristiwa sejarah yang ada dengan visualisasi yang lebih menarik.

Keyword : Pasca kemerdekaan Indonesia, monumen, Heroes of Indonesian, sejarah, pembelajaran, Chibi, AR (Augmented Reality).

Subjek

GAMES
 

Katalog

"Heroes Of Indoensian" Aplikasi Game Tower Defense Indonesia Berbasis Android
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arifin Fajar, Mu’ti Cahyono ,Ditya Budi,PUTU DITYA BUDI SETIA,alfian fajar ghozali,riza inda mega mandasar
Perorangan
Alfian Akbar Gozali, Riza Inda Mega Mandasari
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini