APLIKASI OPENSOURCE MULTIPLATFORM VOIP CLIENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK SIP BERBASIS JAVASCRIPT

MUHAMMAD SALMAN ABDUL QOHAR

Informasi Dasar

15.06.252
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Teknologi Voice Over Internet Protocol (VOIP) berkembang pesat, teknologi ini memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dalam bentuk pesan, suara, atau video melalui jaringan Internet Protocol (IP). Di sisi lain, sistem operasi yang digunakan untuk smartphone semakin banyak dan berkembang pesat, misalnya android, windows phone, iOS, dan sebagainya. Belakangan ini, aplikasi VoIP untuk smartphone semakin populer tetapi aplikasi VoIP yang bersifat opensource dan crossplatform masih belum begitu berkembang. Oleh karena itu, proyek akhir ini membahas tentang perancangan aplikasi VoIP client multiplatform yang bersifat opensource.

Perancangan aplikasi VoIP Client pada proyek akhir ini dimulai dengan perancangan API sebagai penghubung antara database dengan aplikasi web atau mobile, pengembangan aplikasi web client menggunakan bootstrap sebagai Framework CSS, angularJS sebagai web framework. Untuk mengubungkan aplikasi client dengan server, penulis memanfaatkan teknologi WebRTC dengan framework SIP berbasis javascript. Sedangkan pengembangan aplikasi mobile client dilakukan dengan cara code reuse dari aplikasi web menggunakan Crosswalk.

Hasil yang didapatkan setelah pembuatan proyek akhir ini adalah sebuah produk berupa aplikasi VoIP SIP Client yang dapat berjalan pada website dan android, dan bersifat opensource. Nilai MOS dari QoS untuk panggilan suara menggunakan aplikasi ini adalah 4.24 dan untuk panggilan video adalah 4.25 atau baik.

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

APLIKASI OPENSOURCE MULTIPLATFORM VOIP CLIENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK SIP BERBASIS JAVASCRIPT
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD SALMAN ABDUL QOHAR
Perorangan
Hafidudin, Dadan Nur Ramadan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini