PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR OTOMOTIF KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2013)

SHINTA DAWANTY

Informasi Dasar

15.04.1253
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Struktur modal yaitu perimbangan antara penggunaan modal sendiri dengan hutang, yang berarti berapa besar antara modal sendiri dan hutang yang akan digunakan, sehingga dapat menghasilkan struktur modal yang optimal. Banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan, maka penelitian ini akan meneliti faktor profitabilitas diproksi dengan Return on Assets dan struktur aktiva diproksi dengan Fixed Assets Ratio terhadap struktur modal diproksi dengan Debt to Assets Ratio. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh profitabilitas dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen tahun 2009-2013. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen tahun 2009-2013. Dengan menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan adalah berjumlah 7 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Analisis data menggunakan uji regresi berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas dan struktur aktiva mempengaruhi struktur modal, dimana diperoleh nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0.05. Dan kontribusi secara simultan variabel-variabel bebas (R2) sebesar 37.1%, sedangkan sisanya struktur modal dijelaskan oleh variabel atau sebab-sebab lain diluar model. Berdasarkan pengujian secara parsial profitabilitas memiliki pengaruh negatif terhadap struktur modal, sedangkan struktur aktiva memiliki pengaruh positif terhadap struktur modal.

Kata Kunci: Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Struktur Modal.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR OTOMOTIF KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHINTA DAWANTY
Perorangan
Muhammad Rafki Nazar
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini