AUDIT KEBERLANGSUNGAN LAYANAN PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BERBASIS COBIT 5 DAN NATIONAL INSTITUTE OF STANDARDS AND TECHNOLOGY (NIST)

ZYAS ESA ANARKI

Informasi Dasar

15.04.1243
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Jasa Pengiriman merupakan layanan jasa pengiriman dokumen penting, surat, dan barang berharga dalam waktu pengiriman yang cepat dalam kurun waktu satu hari atau semalam baik dalam kota maupun antar kota. Saat ini berbagai macam masalah yang ditemukan terjadi di Jasa Pengiriman baik dalam keamanan penyimpanan data transaksi pelanggan, transaksi pengiriman dan penerimaan barang kiriman. Salah satu faktor penyebab masalah terhentinya proses bisnis layanan pengiriman adalah terjadinya bencana yang dapat mengurangi kinerja TI sehingga menyebabkan akivitas bisnis terhambat atau bahkan terhenti. Kondisi inilah yang seharusnya dapat diterapkan oleh perusahaan dalam penerapan Continuity plan . Untuk mengukur permasalahan dan tingkat keberhasilan perusahaan terhadap keberlangsungan layanan/Continuity plan diperlukan sebuah penelitian audit keberlangsungan layanan yaitu menilai kesiapan perusahaan dalam menangani gangguan/bencana dan lebih siap menghadapi bencana/gangguan yang akan terjadi. Penelitian yang dilakukan yaitu menilai efektifitas terkait kontrol-kontrol Continuity plan, yaitu keberadaan struktur organisasi Continuity plan, penerapan Risk Assessment, penerapan Business Impact Analysis, penerapan kontrol preventif, penerapan lingkup prosedur backup dan recovery dimasing-masing bagian, Compliance Testing, dan Substantive Testing. Penelitian yang dilakukan menggunakan framework COBIT 5 dan INTOSAI. Hasil penelitian audit keberlangsungan layanan pada Jasa Pengiriman berupa rekomendasi dari proses hasil penilian efektifitas kontrol pada Compliance Testing dan Subtantive Testing yang disusun pada proses analisa temuan. Sehingga dari penelitian audit keberlangsungan tersebut bisa memberikan sebuah solusi agar kedepannya perusahaan bisa mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan dan kesiapan dalam pengelolaan yang di terapkan pada sebuah perusahaan dan lebih memahami tentang kebutuhan yang tertinggal dalam pencapaian visi dan misi perusahaan. Kata Kunci : COBIT 5, INTOSAI, Audit Keberlangsungan Layangan, Continuity plan

Subjek

Skripsi
 

Katalog

AUDIT KEBERLANGSUNGAN LAYANAN PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BERBASIS COBIT 5 DAN NATIONAL INSTITUTE OF STANDARDS AND TECHNOLOGY (NIST)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZYAS ESA ANARKI
Perorangan
Mochamad Teguh Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini