PEMANTAU ARAH DAN KECEPATAN ANGIN DIGITAL DENGAN TRANSMISI ZIGBEE

DEWA GEDE CAHYA PRASTIKA

Informasi Dasar

15.06.237
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Angin adalah fenomena alam yang berubah-ubah dan tidak dapat diketahui secara langsung tanpa alat bantu oleh manusia. Seperti yang kita ketahui, arah dan kecepatan angin menjadi acuan pekerja seperti di pembangkit tenaga angin. Arah dan kecepatan digunakan untuk menentukan arah baling-baling pembangkit dan untuk meneliti bagaimana kinerja pembangkit terhadap kecepatan angin. pilot untuk menerbangkan pesawat, nelayan untuk berlabuh dan yang lainnya.

Oleh karena itu dibuatlah alat pemantau arah dan kecepatan angin digital dengan transmisi zigbee untuk membantu berbagai pekerjaan tersebut. Alat ini terdiri dari sensor photodioda yang diletakan pada delapan arah (utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya barat, barat laut) untuk mengetahui arah angin, dan sensor kecepatan dengan rotary encoder untuk mengukur kecepatan angin. Proses permbuatan alat dimulai dari pembuatan simulasi, membuat program, membuat mikrokontroler hingga membuat casing.

Dibuatnya alat ini, manusia bisa mengetahui arah dan kecepatan angin dengan jarak maksimal 100 meter dari alat yang dibantu transmisi zigbee dan ditampilkan pada komputer. Hasil data sensor kecepatan angin yang memiliki tingkat akurasi 99.79% dengan alat pabrikan dan sensor arah angin yang memiliki tingkat akurasi dari 100% sampai 99.2% yang mengartikan sensor alat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Kata kunci: angin, kecepatan, ATmega 8535, ZigBee

Subjek

ELECTRONICS
 

Katalog

PEMANTAU ARAH DAN KECEPATAN ANGIN DIGITAL DENGAN TRANSMISI ZIGBEE
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWA GEDE CAHYA PRASTIKA
Perorangan
Agus Ganda Permana, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini