DESAIN DAN IMPLEMENTASI SCADA (SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION) PADA SISTEM BOILER DRUM MENGGUNAKAN PLC OMRON

REZKA BUNAIYA PRAYUDHA

Informasi Dasar

15.04.1144
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi pada sektor industri memunculkan suatu teknologi baru yakni ICS (Industrial Control System). ICS umum diterapkan pada area industri seperti pembangkit listrik, pengolahan gas alam dan transportasi. Perkembangan ICS sejalan dengan pemanfaatan IP (Internet Protocol). ICS mengadopsi solusi teknologi informasi untuk menambah kapabilitas konektifitas dan akses jarak jauh. Salah satu penerapan ICS adalah SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) yaitu suatu metode kendali plant yang terpisah puluhan hingga ratusan kilometer dari pusat kendali. Komponen SCADA terdiri HMI (Human Machine Interface), controller, network system, dan aqcuisition system.

Tahap awal tugas akhir dilakukan dengan mendesain sebuah sistem SCADA untuk memantau dan mengendalikan Boiler Drum. Komponen SCADA yang akan digunakan dalam tugas akhir ini adalah HMI (Human Machine Interface), Controller, dan Sistem Akuisisi Data. HMI dirancang berupa aplikasi website yang memiliki fitur User Interface untuk menampilkan status tiap komponen pada sistem Boiler Drum. Bagian Controller digunakan PLC Omron CPIH untuk mengendalikan Boiler Drum melalui I/O port PLC. Untuk komponen akuisisi data digunakan OPC-Server dan Database Server untuk menyimpan data hasil akuisisi.

Hasil pengujian dari sistem SCADA menggunakan jaringan WAN dengan koneksi 3G didapatkan througput pada trafik komunikasi OPC-Client dan OPC Server adalah 1kbps, dengan rata – rata RTT Delay 150ms. Untuk sistem pengendali, hasil analisis menunjukan penerapan sistem pengendali PI pada infrastruktur jaringan dengan Kp = 4 dan Ki = 0.181 kriteria yang didapatkan adalah undamped dengan rata-rata maximum overshoot 8,762% dan rata-rata error steady state (ess) adalah 0.003%.

Subjek

AUTOMATIC CONTROL ENGINEERING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SCADA (SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION) PADA SISTEM BOILER DRUM MENGGUNAKAN PLC OMRON
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZKA BUNAIYA PRAYUDHA
Perorangan
M. Ary Murty, Porman Pangaribuan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini