ANALISIS PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB DAN SISWA TUNARUNGU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Pada Guru dan Siswa SLB Negeri Cicendo Bandung)

BUNGA INDAH PRATIWI

Informasi Dasar

15.04.1087
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal yang dilakukan guru SLB dan siswa tunarungu dalam meningkatkan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci pada penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang guru SLB dan 2 orang siswa tunarungu di SLB Negeri Cicendo Bandung. Sedangkan untuk informan pendukung yaitu kedua orangtua siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara mendalam. Untuk meningkatkan validitas data, peneliti menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil observasi dengan hasil wawancara yang didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa belum semua aspek kemandirian diterapkan pada proses belajar mengajar di SLB Negeri Cicendo Bandung. Pada kemandirian emosional, dari keempat aspek kemandirian emosional hanya satu aspek yang terlihat yaitu melatih keterampilan berkomunikasi siswa tunarungu secara lisan. Pada kemandirian behavioral, dari ketiga aspek yang terlihat hanya satu aspek yaitu meningkatkan rasa percaya diri siswa tunarungu dengan menciptakan suasana kompetitif di kelas. Pada kemandirian nilai belum terlihat penerapannya pada proses belajar mengajar di SLB Negeri Cicendo Bandung.

Subjek

Communication in teaching
 

Katalog

ANALISIS PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB DAN SISWA TUNARUNGU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Pada Guru dan Siswa SLB Negeri Cicendo Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BUNGA INDAH PRATIWI
Perorangan
Martha Tri Lestari, Berlian Primadani Satria Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  Ulasan 29 January, 2017
nadiatrisnadi – NADIA MAHARANI TRISNADI
Ulasannya menarik dan sesuai prosedur.
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini