PENILAIAN TERHADAP PENERAPAN PROSES IT GOVERNANCE MENGGUNAKAN COBIT VERSI 5 PADA DOMAIN BAI UNTUK PENGEMBANGAN APLIKASI STUDI KASUS IPOS DI PT. POS INDONESIA

JOSUA KRISTIAN SITINJAK

Informasi Dasar

15.04.1057
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. POS Indonesia merupakan badan usaha milik negara (BUMN) dalam bidang jasa pos, jasa keuangan, jasa logistik dan e-bisnis dengan jangkauan operasi hampir di seluruh Indonesia. Sebagai perusahaan BUMN, PT.POS menargetkan maturity level sesuai peraturan mentri BUMN PER-02/MBU/2013 tentang tata kelola TI BUMN. Target itu adalah pada tahun 2018 perusahaan harus mencapai target maturity level pengelolaan proses TI pada level 3. Masalah penelitian yang dihadapi adalah perlunya evaluasi dengan melakukan penilaian tata kelola dan manajemen TI untuk mengetahui kondisi TI saat ini dan pemahaman mengenai kemampuan untuk mencapai tujuan bisnis, termasuk proses bisnis, arsitektur TI (infrastruktur dan aplikasi), organisasi dan rencana proyek TI. IPOS adalah salah satu sistem aplikasi yang mendukung proses bisnis utama milik perusahan PT. POS Indonesia yaitu bisnis surat dan paket. Penelitian ini akan berfokus pada penilaian kapabilitas proses tata kelola dan manajemen TI pada keseluruhan domain BAI COBIT versi 5 dan akan mengambil studi kasus proses-proses pengembangan aplikasi saat ini untuk menilai kapabilitas proses terkait pembangunan, pengelolaan dan implementasi teknologi informasi dalam proses bisnis di PT.POS Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan adalah memakai framework penilaian yang mengacu pada COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) versi 5. Terdapat Process Assessment Model (PAM) pada framework ini untuk menentukan tingkat efektifitas dan efisiensi dari sekumpulan proses, dengan cara mengevaluasi tingkat kematangan kapabilitasnya. Penilaian akan dilakukan pada keseluruhan domain BAI COBIT versi 5 yaitu BAI01 s.d BAI10. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara ke pihak penanggung jawab proses-proses yang ada pada domain BAI.

Hasil penilaian implementasi TI berbasis COBIT versi 5 di PT.POS Indonesia menunjukkan Capability Level proses TI yaitu ada tiga proses TI domain BAI berada pada level 0 (Incomplete) dan ada tujuh proses TI domain BAI berada pada level 1 (Performed). Umumnya, tingkat kematangan kapabilitas proses TI COBIT versi 5 domain BAI PT.POS Indonesia sekarang berada pada level 1 dengan skala 57% dengan tingkat pencapaian L (Largely achieved). Rekomendasi perbaikan disusun untuk mencapai target Capability Level yang diharapkan mentri BUMN pada peraturan PER-02/MBU/2013 yaitu level 3.

Kata Kunci : Penilaian kapabilitas proses tata kelola dan manajemen TI, COBIT versi 5, Domain BAI, IPOS

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY - AUDIT
 

Katalog

PENILAIAN TERHADAP PENERAPAN PROSES IT GOVERNANCE MENGGUNAKAN COBIT VERSI 5 PADA DOMAIN BAI UNTUK PENGEMBANGAN APLIKASI STUDI KASUS IPOS DI PT. POS INDONESIA
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JOSUA KRISTIAN SITINJAK
Perorangan
Ari Fajar, Ridha Hanaf
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini