Myelin: Mobilisasi Intangibles Menjadi Kekuatan Perubahan

Rhenald Kasali

Informasi Dasar

10.954
658.409
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)

Buku ini memperkenalkan myelin atau muscle memory yang membuka mata kita bahwa manusia tidak cukup berinvestasi pada otaknya saja, tetapi juga pada ototnya (muscle) agar ia berorientasi pada tindakan, membentuk budaya disiplin, membangun entreupreneuring, tat nilai dan kinerja. Brain memory dapat diibaratkan kereta jabodetabek yang hanya mengandalkan sebuah lokomotif dikepalanya. Myelin merupakan rahasia dibalik perkembangan talenta manusia dan kesuksesan dunia usaha yang melesat bak kereta api. Dengan myelin, seluruh kekuatan dihidupkan agar perubahan bukan sekedar angan-angan.

Subjek

PERSONAL ASPECTS OF EXECUTIVE MANAGEMENT
 

Katalog

Myelin: Mobilisasi Intangibles Menjadi Kekuatan Perubahan
978-979-22
xiii, 346p.: il.; 23cm+ index.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Rhenald Kasali
Perorangan
Prodi Desa

Penerbit

Gramedia Pustaka utama
Jakarta
2010

Koleksi

Kompetensi

  • SD542013 - KAJIAN TECHNOPRENEURSHIP
  • SD743014 - TECHNOPRENEURSHIP PROJECT (MAGANG)
  • CBH4I2 - INTERNSHIP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  Pengembang Diri 18 February, 2013
10840096 – Obi Zakaria
Barangkali sudah mendengar istilah "MYELIN"? nampak seperti nama makanan ya he2 tapi taukah anda bahwa rahasia sukses dibalik sukses artis besar, pelukis terkemuka, akedemisi terpandang, keterampilan karyawan, bahasa tubuh pemimpin besar, action oriented para entreupreuner sukses, dan terobosan-terobosan yang dilakukan perusahaan-perusahaan inovatif yang disegenai masyarakat, terletak pada pembentukan MYELIN. jadi apa sebenarnya myelin itu? menurut Prof. Rhenald Kashali dalam buku ini, myelin adalah insulator yg merantai jaringan syaraf yang semakin banyak ditempa, dilatih menjadi semakin tebal sehingga kecepatan arus informasi maka gerak pun akan terpacu secara otomatis. Penulis membedakan "Brain Memory" yang terbentuk dari pengetahuan dan "Muscle Memory" yang terbentuk dari praktik latihan intensif secara berulang-ulang, nah muscle memory inilah yang dimaksud sebagai myelin.

Myelin tak selalu berhubungan dengan kegiatan fisik saja myelin merupakan sebuah satuan kegiatan unit kompleks mengenai perilaku, kebiasaan dan pola pikir kita. Myelin yang terbentuk lewat latihan akan menunjang pembentukan intangibles.

Intagibles adalah aset-aset tak kasat mata, intangibles dibagi menjadi dua yaitu intangibles internal yang melekat kepada karyawan berupa budaya perusahaan, kejujuran, kerja keras, keterampilan, daya juang, disiplin, semangat inovatif, dan tanggung jawab. Sementara ada intangibles eksternal, seperti loyalitas pelanggan, reputasi, brand image, goodwill, dan kepercayaan. Intangibles inilah roh usaha Anda .Kalau kekuatan intangibles itu berhasil dimobilisasi, ia akan menjadi kekuatan perubahan yang dahsyat.

Myelin, buku terbaru Rhenald Kasali, disusun berdasar riset atas dua perusahaan nasional yang kaya akan harta /aset tak berujud (intangibles) yaitu PT. WIKA dan Blue Bird.

Di Blue Bird myelin berkembang dalam bentuk pelayanan dan tata nilai (kejujujuran). Sementara di WIKA myelin bekerja mulai dari utak-atik mesin menjadi keterampilan membuat segala peralatan teknologi mulai, dari energi listrik, matahari, hydro, sampai bahan bakar batu bara. Mulai dari membuat tiang listrik sampai membuat tiang pancang dan dikenal ahli beton. Di WIKA juga dikenal myelin kedisplinan dan kerapian.

Buku ini dibagi dalam tiga bagian dan sembilan bab. Pada bagian pertama dijelaskan tentang judul-judul pembuka, pada bagian kedua dijelaskan tentang apa saja yang harus dilakukan untuk memupuk intagibles dan bagian terakhir berisi aspek-aspek pembelajaran.

Overall buku ini sangat menggugah dan inspiratif buku ini akan menuntun kita bagaimana memupuk dan menakumalasi myelin sehingga menjadi kekuatan perubahan dan menjadikan kita pribadi yang unggul dan berkontribusi terhadap segala aspek kehidupan.
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini