Komunikasi Organisasi Dalam Menangani Konflik(Studi Kasus Pada Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Telkom University)

WINDA WIDIA NINGTYAS

Informasi Dasar

15.04.1005
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komunikasi organisasi menjadi aspek krusial di dalam sebuah organisasi khususnya dalam proses manajemen konflik. Proses pengelolaan konflik tidak akan berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa diimbangi dengan proses komunikasi organisasi. Dalam komunikasi organisasi aliran informasi sangat penting untuk ditelaah. Aliran informasi menunjukkan bagaimana organisasi menyampaikan pesan ke seluruh anggota dan bagaimana organisasi menerima informasi dari seluruh anggota organisasi. Apabila terjadi kemacetan pada aliran informasi, besar kemungkinan terjadinya konflik atau perselisihan antar anggota organisasi akan semakin besar. Metode kualitatif yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan subjek penelitian yaitu organisasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi mahasiswa dalam proses penyebaran pesan dilakukan secara serentak dan berurutan. Arah aliran informasi organisasi meliputi komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, komunikasi horisontal dan komunikasi lintas saluran. Pada proses pengelolaan konflik yang terjadi di dalam organisasi, pendekatan yang digunakan disesuaikan dengan penyebab dan proses terjadinya konflik. Namun dari semua proses pengelolaan konflik yang terjadi di dalam organisasi tersebut belum dilakukan tahap evaluasi.

Kata kunci : Komunikasi Organisasi, Aliran Informasi, Proses Manajemen Konflik

Subjek

Organizations-communications
 

Katalog

Komunikasi Organisasi Dalam Menangani Konflik(Studi Kasus Pada Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Telkom University)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDA WIDIA NINGTYAS
Perorangan
Yuliani Rachma Putri, Arie Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini