Analisa Web Usage Mining dengan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) (Studi Kasus : Aktifitas Internet di Universitas Telkom)

ARBY FAHRIZI SUBIYANTO

Informasi Dasar

15.04.1000
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Website BAA Universitas Telkom merupakan salah satu website di Universitas Telkom yang cukup sering diakses oleh mahasiswa untuk mencari informasi tentang panduan akademik dan berbagai kebutuhan informasi lainnya tentang perkuliahan dan wisuda. Pola pengunjung web dapat digunakan untuk mengetahui halaman apa saja yang telah dikunjungi oleh user dalam suatu website. Hal tersebut bertujuan sebagai acuan dalam perbaikan kualitas website dan menjamin kepuasan user dalam mengakses website tersebut dalam menemukan informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhannya. Dalam tugas akhir ini, digunakan web server log dari BAA Universitas Telkom. Web server log dari BAA Unversitas Telkom kemudian akan diproses dengan mengimplementasikan salah satu metode pada web usage mining yaitu clustering. Data log tersebut awalnya diolah dengan tahap preprocessing, kemudian dilakukan proses clustering dengan menggunakan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO). Algoritma PSO digunakan karena memiliki kelebihan yaitu memiliki swarm yang dapat mencari solusi terbaik dalam penentuan hasil cluster. Penggunaan algoritma PSO pada penelitian ini ditemukan hasil cluster terbaik adalah delapan dan dari hasil cluster tersebut dihasilkan rekomendasi terhadap website BAA Universitas Telkom.

Kata Kunci: web usage mining, web log, clustering, preprocessing, swarm, particle swarm optimization.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Analisa Web Usage Mining dengan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) (Studi Kasus : Aktifitas Internet di Universitas Telkom)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARBY FAHRIZI SUBIYANTO
Perorangan
Eko Darwiyanto, Rita Rismala
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini