PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Publik yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dan Mengikuti Pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2010-2012)

AULIA NANDA RATIH FADILLAH

Informasi Dasar

15.04.993
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance Perception Index terhadap Kinerja Perusahaan. Kinerja perusahaan tersebut diproksi dengan Return on Equity dan Tobin’s Q. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verivikatif dan bersifat kausalitas. Unit analisis dalam penelitiaan ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dan mengikuti pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2010 sampai 2012. Data yang digunakan adalah sampel dengan teknik sampling purposive sampling, sehingga diperoleh 11 perusahaan atau 33 data. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis data, maka hasil penelitian ini: (1) Corporate Governance Perception Index, Komposisi Aktiva, Pertumbuhan Perusahaan dan Kesempatan Pertumbuhan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diproksi dengan ROE. (2) Corporate Governance Perception Index, Komposisi Aktiva, Pertumbuhan Perusahaan dan Kesempatan Pertumbuhan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diproksi dengan ROE. (3) Sedangkan Corporate Governance Perception Index, Komposisi Aktiva, Pertumbuhan Perusahaan dan Kesempatan Pertumbuhan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diproksi dengan Tobin’s Q. (4) Corporate Governance Perception Index, Komposisi Aktiva, Pertumbuhan Perusahaan dan Kesempatan Pertumbuhan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diproksi dengan Tobin’s Q. Hasil koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,317 dan 0,161 yang artinya bahwa Corporate Governance Perception Index memberikan pengaruh sebesar 31,7% terhadap kinerja perusahaan yang diproksi dengan ROE, dan sebesar 16,1% terhadap kinerja perusahaan yang diproksi dengan Tobin’s Q.

Kata kunci : Corporate Governance Perception Index, Return on Equity, Tobins’Q

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Publik yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dan Mengikuti Pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2010-2012)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA NANDA RATIH FADILLAH
Perorangan
Majidah
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini