DESIGN AND DEVELOPMENT OF PROGRAMMINGLEARNING PLATFORM BASED ON HEURISTICAPPROACH IN GAMIFICATION MODULE WITHITERATIVE AND INCREMENTAL METHOD(CASE STUDY : INFORMATION SYSTEM MAJOR TELKOMUNIVERSITY)

ADELIA CHITRA SAZKIA

Informasi Dasar

15.04.968
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Program studi system informasi Universitas Telkommemiliki beberapa mata kuliah yang mengajarkan tentang pemrograman dalam bahasa Java., mata kuliah tersebut adalah algoritma pemrograman, stuktur data dan pemrograman lanjut, dan pemrograman berorientasi objek. Mata kuliah tersebut dilaksanakan dengan harapan kelak akan menghasilkan programmer Java yang handal dan kompeten serta untuk melatih pola pikir mahasiswa. Namun, proses belajar mengajar di kelas pemrograman masih belum interaktif sehingga banyak mahasiswa yang bosan dan kurang paham tentang materi yang diajarkan. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang kami dapat dari hasil praktikum mata kuliah algoritma pemrograma. Berdasarkan data tersebut, dapat kami simpulkan bahwa nilai rata – rata dari praktikum algoritma pemrograman adalah 75,28. Untuk mendukung hasil tersebut kami mengadakan survey yang diikuti oleh 179 mahasiswa Sistem Informasil di Universitas Telkom. Survey dilaksanakan dengan memberikan beberapa soal yang mencakup tiga aspek, yaitu : recall of data, comprehension, dan analytical skill. Hasil dari survey menyatakan bawha 28% mahasiswa menjawab soal comprehension dengan benar, 28% mahasiswa menjawab soal analytical skill dengan benar, dan 44% mahasiswa menjawab soal recall of data dengan benar. Dalam tugas akhir ini, penulis bermaksud untuk membangun sebuah platform baru sebagai media pembelajaran pemrograman Java untuk mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dengan metode Heuristic Learning. Dengan program ini, mahasiswa dituntut untuk melakukan live coding dalam bahasa pemrograman Java sehingga mahasiswa menjadi lebih paham mengenai materi yang diajarkan. Selain untuk mahasiswa, program ini juga dirancang untuk dosen sehingga dosen dapat menambahkan konten baru untuk para mahasiswa. Dengan adanya platform ini, diharapkan pemahaman mahasiswa mengenai pemrograman dalam bahasa Java dan interaksi antara mahasiswa dan dosen menjadi meningkat. Kata Kunci : Gamification, Pembelajaran Heuristik, Itearive and Incremental.

Subjek

EDUCATION
 

Katalog

DESIGN AND DEVELOPMENT OF PROGRAMMINGLEARNING PLATFORM BASED ON HEURISTICAPPROACH IN GAMIFICATION MODULE WITHITERATIVE AND INCREMENTAL METHOD(CASE STUDY : INFORMATION SYSTEM MAJOR TELKOMUNIVERSITY)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADELIA CHITRA SAZKIA
Perorangan
Soni Fajar Surya Gemilang, Muhammad Azani Hasibuan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini