PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ENKRIPSI DATA GAMBARBERBASIS FPGA DENGAN METODE IMPROVED KEY SPACE BAKER MAP UNTUK SISTEM PENGINDERAAN JAUH SATELIT NANO

ALFIAN SUBIYAKTO

Informasi Dasar

15.04.960
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Satelit nano adalah satelit berukuran kecil dengan dimensi minimal U1 atau 10 × 10 × 10 dengan massa sekitar 10 kilogram dan memiliki misi tersendiri tergantung dari payload yang dibawanya. Salah satu misi dari satelit yang saat ini sedang dikembangkan oleh tim nanosat Telkom University adalah untuk Penginderaan jarak jauh (Remote Sensing). Dalam satu sistem penginderaan jarak jauh data gambar yang sudah didapatkan oleh sensor optik akan diolah terlebih dahulu sebelum akhirnya dikirimkan. Pengolahan data gambar sangat perlu untuk dilakukan. Alasanya bisa kita lihat dari berbagai sudut pandang contohnya adalah dari sisi keamanan data tersebut. Dari sisi keamanan kita tahu bahwasanya jarak dari satelit ke bumi sangat jauh. Media propagasi nya pun melalui udara di frekuensi tertentu yang sangat umum digunakan. Oleh karena itu data satelit sangat rawan untuk diambil oleh pihak ketiga.

Salah satu cara pengolahan data agar aman dari pihak ketiga adalah enkripsi. Enkripsi akan mengacak data gambar yang akan dikirimkan oleh satelit. Ada banyak metode untuk enkripsi data, tetapi karena ukuran dari citra yang sangat besar dan untuk memporleh kecepatan komputasi yang optimal metode yang cocok adalah metode chaotic map. Dan salah satu contohnya adalah Baker map.

Pada tugas akhir ini telah diimplementasikan algoritma enkripsi improved key space Baker map pada FPGA dan telah diukur performansi dari metode tersebut. Berdasarkan hasil implementasi dan pengukuran didapatkan bahwa metode ini cocok untuk diimplementasikan pada sistem nanosatelit dikarenakan waktu enkripsi yang singkat yaitu selama 0.05 detik. Dan key space yang cukup besar yaitu sebesar 10300 sehingga tidak memungkinkan untuk dipecahkan dengan metode brute force attack. Selain itu, dikarenakan nilai PSNR pada citra tidak mengalami perubahan ketika dilakukan proses dekripsi dan enkripsi menandakan bahwa metode yang digunakan cocok untuk diimplementasikan pada kanal atau sistem yang memiliki banyak derau.

Kata Kunci : satelit nano, image encryption, FPGA, chaotic encryption, Baker map, Improved Baker map.

Subjek

Cryptography
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ENKRIPSI DATA GAMBARBERBASIS FPGA DENGAN METODE IMPROVED KEY SPACE BAKER MAP UNTUK SISTEM PENGINDERAAN JAUH SATELIT NANO
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFIAN SUBIYAKTO
Perorangan
Denny Darlis, Nur Andini
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini