ANALISIS POSITIONING SMARTPHONE BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG TAHUN 2014

EGA DENANDRA

Informasi Dasar

15.04.921
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Smartphone memiliki siklus hidup produk paling singkat dibandingkan dengan produk elektronik lain. Persaingan dalam industri smartphone yang semakin ketat mendorong pelaku bisnis smartphone untuk terus melakukan inovasi pada produknya. Tren yang berkembang, inovasi yang diluncurkan tersebut tidak mampu bertahan lama dan harus segera kembali diperbaharui dengan inovasi yang lebih baru. Produsen dituntut untuk memahami seperti apa inovasi yang diinginkan oleh pasar, salah satu caranya adalah dengan melaukukan analisis positioning produk. Bandung merupakan salah satu pasar potensial bagi pelaku bisnis smartphone. Di masa depan, Bandung akan menjadi contoh smart city (kota cerdas) di Indonesia, dimana yang dimaksud dengan smart city adalah kota yang seluruh penduduknya bisa saling terhubung dengan bantuan teknologi.
Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai peta positioning smartphone berdasarkan preferensi konsumen di kota Bandung tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 385 responden dengan teknik analisis data menggunakan multidimensional scalling analysis (MDS). Model MDS dapat diterima bila RSQ ? 0,6. Terdapat 11 atribut yang digunakan, yaitu baterai, desain, fitur, harga, kamera, ketahanan, layar, merek, memori, OS dan prosesor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Samsung dan Sony merupakan dua merek smartphone yang dinilai konsumen paling mirip dan paling bersaing ketat dan berdasarkan preferensi konsumen terhadap 11 atribut yang digunakan dalam penelitian ini, Samsung menjadi merek smartphone terbaik, diikuti oleh Apple, Sony, Nokia dan yang terakhir adalah Blackberry.

Keywords: Smartphone, Positioning, Preferensi, Persepsi, Multidimensional Scalling, Perceptual Map

Smartphones have a short product life cycle compared to other electronic products. Competition in the smartphone industry increasingly stringent encourage smartphone producers to continue to innovate in its products. Growing trend, innovations are launched not able to survive long and must immediately return updated with newer innovations. Manufacturers are required to understand what kind of innovation that is desired by the market. Bandung is one of the potential market for smartphone producers since Bandung would be an example of smart city in Indonesia, which is smart city means a city that the entire population can be interconnected with the help of technology.
This study aims to provide an overview of the smartphone positioning map based on the preferences of consumers in Bandung city in 2014. This research is descriptive. Sampling techniques using nonprobability sampling. Data was collected by distributing questionnaires to 385 respondents with data analysis techniques using multidimensional scaling analysis.
The results showed that Samsung and Sony are two brands of smartphone consumers rated the most similar and the most competing and based on consumer preference on 11 attributes used in this study, Samsung became the best smartphone brand, followed by Apple, Sony, Nokia and the last is the Blackberry.

Keywords : Smartphone, Positioning, Preferences, Perceptions, Multidimensional Scaling, Perceptual Map

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

ANALISIS POSITIONING SMARTPHONE BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG TAHUN 2014
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EGA DENANDRA
Perorangan
Eka Yuliana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini