ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (STUDI KASUS PADA PT ASTRA OTTOPARTS Tbk)

AJI SUWANDHI

Informasi Dasar

15.04.915
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Persaingan di dunia bisnis semakin kompleks, perusahaan perusahaan mencoba untuk meningkatkan keunggulan bersaing dengan melakukan pelayanan yang cepat dan biaya yang lebih murah daripada competitor. Salah satu cara menigkatkan keunggulan bersaing adalah implementasi enterprise resource planning dan dalam implementasi enterprise resource planning diperlukan faktor-faktor kunci untuk meningkatkan keberhasilan implementasi enterprise resource planning. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini diaantaranya adalah dukungan manajemen puncak, manajemen proyek yang efektif, business process reengineering, pemilihan hardware dan software, pendidikan dan pelatihan serta dukungan vendor. Penelitian ini dirancang untuk dapat mengetahui pengaruh faktor-faktor kunci seperti dukungan manajemen puncak, proyek manajemen yang efektif, business process reengineering, pemilihan hardware dan software. Pendidikan dan pelatihan, dan dukungan vendor terhadap keberhasilan implementasi ERP di Astra Ottoparts Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dengan teknik survey dimana keseluruhan populasi dijadikan objek penelitian. Pengujian hipotesis penelitin dilakukan dengan menngunakan uji F untuk pengaruh simultan dan uji t untuk pengaruh parsial. Data diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang berisi daftar pernyataan untuk mengukur tanggapan responden terhadap variabel penelitian. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor kunci terhadap keberhasilan implementasi ERP dengan persentase 85,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Secara parsial faktor dukungan manajemen puncak, manajemen proyek yang efektif, business process reengineering, pemilihan hardware dan software tidak berpengaruh signikan. Namun faktor pendidikan dan pelatihan serta dukungan vendor berpengaruh secara signifikan.

Kata kunci: Critical Success Factor, Enterprise Resource Planning, Manajemen Puncak, Manajemen Proyek, Business Process Reengineering, Hardware dan Software

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (STUDI KASUS PADA PT ASTRA OTTOPARTS Tbk)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AJI SUWANDHI
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini