PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. CHITOSE INTERNASIONAL Tbk.)

HERA DZAKI ASTUTI

Informasi Dasar

15.04.865
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang berperan penting dalam mencapai tujuan organisasi sehingga harus dikelola dengan baik agar dapat memenangkan persaingan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Chitose Internasional Tbk. Penelitian ini mengambil objek penelitian pada PT. Chitose Internasional Tbk. yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. 
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kausal. Penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu motivasi berprestasi, motivasi berafiliasi, dan motivasi kekuasaan serta variabel dependen yaitu kepuasan kerja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada 233 responden serta data sekunder berupa dokumen dari perusahaan. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Untuk menganalisis data tersebut dibantu menggunakan program SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 59,3% dan sisanya 40,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Secara parsial, motivasi berprestasi dan motivasi berafiliasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Sedangkan motivasi kekuasaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Saran pada penelitian ini yaitu perusahaan dapat memberikan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi dan manajemen perusahaan mengkaji ulang tentang penggajian. Untuk penelitian selanjutnya, penelitian dapat dilakukan pada beberapa perusahaan dan meneliti variabel lain yang mempengaruhi kepuasan kerja seperti kompensasi, promosi, dan kepemimpinan. 

Kata kunci: motivasi, kepuasan kerja

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. CHITOSE INTERNASIONAL Tbk.)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERA DZAKI ASTUTI
Perorangan
Dadang Iskandar
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini