Perancangan dan Implementasi Secure Cloud dengan menggunakan Diffie-Hellman Key Exchange dan Triple DES Algorithm (3DES)

BERNARD RADITIO PARULIAN

Informasi Dasar

15.04.841
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan metode penyimpanan digital sekarang ini semakin beragam, salah satunya adalah metode penyimpanan berbasis Cloud yang memberikan akses kepada penggunannya untuk menyimpan data di dalam Internet dengan kapasitas penyimpanan dapat disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Namun, metode Cloud ini memiliki kekurangan yaitu berkaitan dengan masalah keamanan data . Dalam tugas akhir ini dibuat Secure Cloud, yaitu sebuah layanan cloud yang memiliki tingkat keamanan daya yang lebih tinggi terhadap masalah pencurian data. Secure Cloud menggunakan algoritma enkripsi dan algoritma pertukaran kunci yakni Triple DES Algorithm (3DES) dan Diffie-Hellman Key Exchange Algorithm. Data milik user yang sudah terdaftar di sistem ini di enkripsi menggunakan Triple DES Algorithm (3DES) sebelum di unggah di dalam Cloud Server. Saat data akan di unduh oleh user maka data akan di dekripsi menggunakan Triple DES Algorithm (3DES). Saat mengunggah maupun mengunduh data tersebut kunci untuk enkripsi dan dekripsi dikirim menggunakan sistem pertukaran kunci menggunakan metode Diffie-Hellman Key Exchange Algorithm. Hasil pengujian Secure Cloud waktu rata-rata yang dibutuhkan mengenkripsi data yaitu 6414.600 ms dan rata-rata untuk dekripsi data membutuhkan 6390.882 ms. Hasil pengujian Avalanche Effect mendapatkan hasil 50.09% dari skala 100%. Dalam pengujian penggunaan resources didapatkan hasil 109.190 MB untuk heap size enkripsi dan 88.082 MB untuk head size dekripsi, diperoleh juga hasil 53.028 MB untuk used heap enkripsi dan 38.846 MB untuk used heap dekripsi. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan mengirim kunci Diffie-Hellman dibutuhkan waktu 3175.567 ms untuk panjang kunci sebesar 2048 bit. Kata Kunci : Cloud, Diffie-Hellman Key Exchange Algorithm., Triple DES Algorithm (3DES), Secure Cloud, Avalanche Effect, Resources

Subjek

Security-cryptography
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Secure Cloud dengan menggunakan Diffie-Hellman Key Exchange dan Triple DES Algorithm (3DES)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BERNARD RADITIO PARULIAN
Perorangan
Surya Michrandi Nasution, Tito Waluyo Purboyo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini