ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIKEBERHASILAN IMPLEMENTASI PORTAL AKADEMIK DENGANMENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN (STUDI KASUSMODUL DOSEN PADA PORTAL IGRACIAS DI UNIVERSITASTELKOM)

AULIA RAHMA FITRIA

Informasi Dasar

15.04.2329
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

iGracias merupakan portal utama yang digunakan Universitas Telkom sebagai media penyatu seluruh civitas akademik. Salah satu modul utama yang ada di iGracias yaitu modul dosen. Modul dosen digunakan untuk menunjang berbagai prosedur akademik di Universitas Telkom. Modul dosen juga digunakan untuk mendukung kontrol manajemen terhadap pelaksanaan prosedur akademik. Melihat pentingnya peran iGracias, khususnya pada modul dosen, maka faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan implementasi modul dosen menjadi penting untuk diketahui. Penelitian ini menggunakan model DeLone dan McLean untuk menganalisis kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, penggunaan sistem, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih (bagi pengguna dan organisasi) yang menurut DeLone & McLean merupakan faktor-faktor kesuksesan sistem informasi. Penelitian ini menggunakan metode stratified random sampling dalam menyebarkan kuesioner terhadap 222 responden. Kuesioner yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pengguna dan penggunaan sistem. Sedangkan kualitas informasi dan kualitas sistem hanya mempengaruhi kepuasan pengguna namun tidak mempengaruhi penggunaan sistem. Selain itu, penggunaan sistem dan kepuasan pengguna tidak saling mempengaruhi. Hal tersebut mungkin terjadi karena Portal iGracias bersifat mandatory/wajib. Meskipun demikian, penggunaan sistem dan kepuasan pengguna sama-sama mempengaruhi manfaat bersih yang didapat oleh pengguna dan organisasi. Kata Kunci: Faktor Keberhasilan, iGracias, Portal Akademik, Model DeLone & McLean, Structural Equation Modeling (SEM)

Subjek

Management - information system
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIKEBERHASILAN IMPLEMENTASI PORTAL AKADEMIK DENGANMENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN (STUDI KASUSMODUL DOSEN PADA PORTAL IGRACIAS DI UNIVERSITASTELKOM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA RAHMA FITRIA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini