93740104-1Analisis Performansi dan Perbandingan Routing Protocol OLSR dan ZRP pada Vehicular AdHoc Network

AULIA PUTRA

Informasi Dasar

15.04.787
006.32
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Vehicular Ad Hoc Network (VANET) merupakan sebuah jaringan wireless routing yang menggunakan sistem berbasis ad hoc network. Di dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari area kawasan lalu lintas dalam perkotaan baik itu ketika sedang sekolah, kuliah, kerja, berlibur, maupun kepentingan lainnya. Optimized Link State Routing (OLSR) adalah jenis routing protokol proaktif yang dirancang untuk jaringan wireless mobile model ad-hoc dan merupakan optimalisasi dari routing link state yang lama. Sedangkan Zone Routing Protocol (ZRP) sebuah routing protocol yang bersifat hybrid dimana ZRP mempunyai 2 metode pencarian rute untuk mencapai ke node tujuan.

Tugas Akhir ini menganalisis perbandingan performansi routing protocol Optimized Link State Routing (OLSR) dan Zone Routing Protocol (ZRP) dalam dua lingkungan simulasi yang berbeda, yaitu highway (jalan tol) dan urban (perkotaan) dengan skenario perubahan jumlah node dan perubahan kecepatan node. Pada Tugas Akhir ini dilakukan simulasi dengan menggunakan NS-2.34 dan traffic simulator SUMO 0.12.3. Performansi yang dikukur pada Tugas Akhir ini adalah Packet Delivery Ratio (PDR), Routing Overhead (RO), Average End-to-End Delay, dan Average Throughput.

Pada hasil dari kedua routing protocol yang didapat OLSR lebih baik dari pada ZRP pada parameter yang diujikan. OLSR memiliki performansi lebih baik dalam setiap Routing Overhead, Packet Delivery Ratio, Average Troughput, dan Average End-to-End Delay

Kata kunci: VANET, ZRP, OLSR, urban,highway, NS-2.34, SUMO

Subjek

NETWORK
 

Katalog

93740104-1Analisis Performansi dan Perbandingan Routing Protocol OLSR dan ZRP pada Vehicular AdHoc Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA PUTRA
Perorangan
Fazmah Arif Yulianto, Anton Herutomo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini