PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP TIMELINESS(Studi Kajian pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2013)

VALENT EIPRILIA DEVI

Informasi Dasar

15.04.776
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Timeliness merupakan suatu kegiatan yang dapat diselesaikan, atau suatu hasil produksi dapat dicapai, pada permulaan waktu yang ditetapkan bersamaan koordinasi dengan hasil produk yang lain dan memaksimalkan waktu yang tersedia untuk kegiatan-kegiatan lain. Sesuai dengan Keputusan yang menyatakan bahwa laporan keuangan tahunan disertai laporan akuntan dengan pendapat yang lazim harus disampaikan kepada kantor tersebut selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga( Sembilan puluh hari ) setelah laporan keuangan tahunan. Dari jumlah 136 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI hanya terdapat 60 perusahaan yang memenuhi syarat pengambilan sampel dan timeliness, hal ini menarik untuk diteliti karena apabila dilihat dari manfaat tepat waktu (timeliness) itu sendiri selain penting dari sisi pengambilan keputusan oleh para pemakainya, lama waktu penyampaian laporan keuangan juga penting jika dilihat dari sisi kepatuhan terhadap hukum yang berlaku dan dari sisi efisiensi biaya dalam kaitannya dengan sanksi keterlambatan penyampaian laporan keuangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap timeliness secara simultan dan parsial. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan 60 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI untuk periode 2012-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Untuk mengetahui pengaruh antara profitabilitas, solvabilitas, intenal auditor, ukuran perusahaan, kantor akuntan publik terhadap timeliness digunakan pengujian statistik yaitu Hosmer and Lemeshow’s Goodness of Fit Test, Overall Model Fit Test, Omnimbus of test model coefficient, Variabel in the equation dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, solvabilitas, internal auditor, ukuran perusahaan, kantor akuntan publik secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap timeliness. Secara parsial profitabilitas, solvabilitas, internal auditor, ukuran perusahaan, kantor akuntan publik tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap timeliness.

Kata Kunci: Timeliness, Profitabilitas, Solvabilitas, Internal Auditor, Ukuran Perusahaan, Kantor Akuntan Publik

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP TIMELINESS(Studi Kajian pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VALENT EIPRILIA DEVI
Perorangan
Dudi Pratomo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini