PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI AKSES PINTU BERBASIS NEAR FIELD COMMUNICATION MOBILE DAN KONTROL WEB SERVER UNTUK HAK AKSES RUANGAN

ROCHMAN SAEFULLOH BASYARI

Informasi Dasar

15.04.765
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini kemajuan teknologi yang berkembang pesat memberikan banyak kemudahan dan efisiensi dalam aktifitas manusia. Near Field Communication merupakan salah satu teknologi komunikasi jarak dekat terbaru yang ada pada smartphone untuk melakukan transfer data tanpa pairing. Pada smartphone enable NFC dengan OS android 4.4(upwards) mulai diperkenalkan mode komunikasi Host-based card emulation yang dapat menjadikan smartphone enable NFC dapat berperan seperti kartu pintar.
Pada sistem ini, diimplementasikan pada smartphone enable NFC dengan aplikasi mobile Host-based card emulation menjadi perangkat untuk mengakses ruangan. Saat implementasinya, smartphone di dekatkan ke pembaca NFC yang sudah terpasang di pintu. Setelah data unik(AID) smartphone berhasil terbaca, data diotentikasi oleh web server untuk di cek hak aksesnya. Hasil otentikasi di request oleh mikrokontroler arduino UNO sebagai command eksekusi selanjutnya. Seluruh aktifitas akses masuk yang berhasil dan gagal, tersimpan di database. Notifikasi sms dikirim ke user yang berhasil mengakses ruangan dan dikirim ke admin ruangan jika ada yang mencoba 3 kali mengakses ruangan tanpa hak akses.
Hasil pengujian pada aplikasi Host-based card emulation menunjukan seluruh feature dapat berjalan baik di smartphone android OS 4.4(upwards). Waktu respon rata-rata yang dibutuhkan pembaca NFC membaca data dari smartphone yaitu 0,248 second. Pembaca NFC dapat membaca data dari smartphone hingga jarak 4,5 centimeter dan data yang terbaca 100% tetap. Untuk waktu rata-rata delay pengiriman notifikasi sms adalah 15,06 second.

Subjek

Automation-computer integrated
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI AKSES PINTU BERBASIS NEAR FIELD COMMUNICATION MOBILE DAN KONTROL WEB SERVER UNTUK HAK AKSES RUANGAN
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROCHMAN SAEFULLOH BASYARI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini