Perancangan dan Implementasi Sistem Robot Line-Follower Terintegrasi RFID Dengan Kemampuan Deteksi Warna Menggunakan Fuzzy Logic

M B NUGRAHA

Informasi Dasar

15.04.712
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini mobilisasi dan sistem transportasi di sebuah kompleks industri atau di gedung perkantoran pada umumnya menggunakan sistem dioperasikan secara manual, yang memiliki kelemahan dalam ketepatan waktu dan otorisasi operator. Ada kebutuhan untuk membuat sistem yang saling melengkapi untuk mengurangi kelemahan-kelemahan. Salah satu solusi yang tersedia adalah membangun sistem robot AGV (Automated Guided Vehicle), salah satu contoh dari sistem ini adalah robot line-follower.
Dalam Tugas Akhir ini, robot line-follower dirancang untuk mendeteksi garis warna yang berbeda, dan membatasi otorisasi operator. Sistem ini menggunakan sistem mikrokontroler dengan penerapan logika fuzzy menggunakan metode inferensi Mamdani Model. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor warna berbasis LDR dan LED, dan sistem identifikasi berbasis RFID. Output dari sistem ini adalah gerakan robot, sehingga robot dapat mengikuti garis panduan.
Dari hasil pengujian, sistem selesai menunjukkan sistem ini mampu mendeteksi garis warna yang berbeda dengan akurasi 100%, mampu membatasi otorisasi operator bersesuaian dengan kartu RFID dengan keberhasilan 100%, dan mampu bergerak pada garis panduan sesuai dengan yang telah ditetapkan dari input kartu RFID dengan kecepatan maksimum pada 0.083m/s.

Kata Kunci : Line-Follower, Arduino UNO, Fuzzy Logic, Mamdani, RFID, LED, LDR

Subjek

ROBOTICS
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Sistem Robot Line-Follower Terintegrasi RFID Dengan Kemampuan Deteksi Warna Menggunakan Fuzzy Logic
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M B NUGRAHA
Perorangan
Denny Darlis, Rizki Ardianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini