PENGARUH KNOWLEDGE SHARING TERHADAP INOVASI DI DIREKTORAT HUMAN CAPITAL MANAGEMENT (HCM) PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.

ANGGINITA MAHARANI

Informasi Dasar

15.04.704
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Knowledge management kini telah menjadi hal yang penting bagi organisasi atau perusahaan. Salah satu proses penting dalam knowledge management adalah knowledge sharing. Knowledge sharing merupakan proses berbagi pengetahuan yang dilakukan melalui berbagai interaksi dan media agar pengetahuan yang ada dapat dimanfaatkan dan diakses oleh para pegawai perusahaan dengan maksimal. Telkom termasuk salah satu perusahaan yang sudah menerapkan kegiatan knowledge sharing, salah satunya melalui program KAMPIUN. KAMPIUN ini menerapkan knowledge sharing dengan cara mengelola aset intangible perusahaan menjadi aset tangible. pengelolaan tersebut juga berperan penting dalam menentukan kualitas inovasi yang lahir di suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh knowledge sharing sebagai variabel bebas (X) terhadap inovasi sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Jumlah responden adalah 87 orang dari 661 jumlah populasi di direktorat Human Capital Management (HCM) Telkom. Penelitian ini telah membuktikan bahwa knowledge sharing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap inovasi, yaitu sebesar 25,8% dan 74,2% sisanya merupakan variabel lain yang mempengaruhi inovasi. Untuk meningkatkan kegiatan knowledge sharing, perusahaan dapat meningkatkan penyediaan fasilitas penunjang kegiatan knowledge sharing, serta memaksimalkan kegiatan-kegiatan informal yang memungkinkan terjadinya proses knowledge sharing antar pegawai.

Kata kunci: knowledge management, knowledge sharing, inovasi.

Subjek

Skripsi
 

Katalog

PENGARUH KNOWLEDGE SHARING TERHADAP INOVASI DI DIREKTORAT HUMAN CAPITAL MANAGEMENT (HCM) PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGINITA MAHARANI
Perorangan
Ade Irma Susanty
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini