PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI NETWORKED CONTROL SYSTEM (NCS) PADA PENGENDALI KECEPATAN MOTOR DC DENGAN METODE FUZZY - PI

CHOIRUL ARIFIN

Informasi Dasar

15.04.703
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi komunikasi membuat penggunaan jaringan untuk proses komunikasi data semakin meningkat. salah satunya adalah untuk komunikasi data dalam sistem pengaturan yang lebih dikenal dengan Networked Control System (NCS). pada suatu jaringan, perbedaan jarak antara kontroler dan plant mempengaruhi pengiriman sinyal kontrol dan umpan balik.

Pada penelitian ini dirancang suatu sistem pengontrolan kecepatan putar motor DC dengan metode Fuzzy - PI. Yaitu pengadaptasian metode logika Fuzzy yang diintegrasikan dengan kontroler PI. Alat ini terdiri dari dua bagian pokok , yaitu client dan server. Pada bagian client atau bagian yang dikontrol terdapat motor DC, mikrokontroler, dan wireless standar komunikasi zigbee.

Dari hasil pengujian dan pengukuran menunjukkan bahwa penerapan algoritma Fuzzy - PI dapat bekerja pada NCS dengan perolehan nilai skenario yang diharapkan yaitu maximum overshoot sebesar 12,53%, settling time sebesar 0,162 detik, dan steady state error sebesar 0,39%. sedangkan jarak yang dapat dicapai xbee normal tanpa gangguan yang berarti antara kontroler dengan plant yaitu <35 meter.

Kata kunci : Networked Cotrol System (NCS), motor DC, Fuzzy - PI, wireless

Subjek

Electronic control
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI NETWORKED CONTROL SYSTEM (NCS) PADA PENGENDALI KECEPATAN MOTOR DC DENGAN METODE FUZZY - PI
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHOIRUL ARIFIN
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini