PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI REGULATOR OKSIGENOTOMATIS BERDASARKAN TINGKAT PERNAPASAN

NURSANTO

Informasi Dasar

15.04.695
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan tindakan merupakan hal penting dalam penanganan pasien. Semakin cepat dan tepat dalam penanganan pasien akan mengurangi dampak negatif yang muncul dari penyakit yang dialami pasien. Namun dalam prakteknya pengambilan untuk dapat melakukan tindakan penanganan pasien dengan cepat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah alat yang digunakan untuk menangani pasien.

Alat medis yang mendapatkan perhatian disini adalah alat bantu pernapasan. Alat bantu pernapasan yang dimaksut adalah seperangkat tabung oksigen dengan regulator oksigen yang digunakan untuk mengatur pengeluaran oksigen. Volume oksigen yang keluar diatur berdasarkan kondisi pernapasan pasien atau sering disebut respiratory rate. Standart respiratory rate manusia normal adalah 17-20 pernapasan per menit. Jika diluar range tersebut kemungkinan ada gangguan pernapasan sehingga diperlukan bantuan oksigen untuk melancarkan pernapasan.

Keluaran dari sistem ini telah dapat dibuat regulator oksigen otomatis yang dapat menampilkan tingkat pernapasan pada LCD dan mampu mengendalikan pengeluaran oksigen. Akurasi yang dicapai pada sistem ini dalam perhitungan tingkat pernapasan adalah 92,73 %.

Kata kunci : respiratory rate, regulator oksigen.

Subjek

Biomedical Engineering
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI REGULATOR OKSIGENOTOMATIS BERDASARKAN TINGKAT PERNAPASAN
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURSANTO
Perorangan
Achmad Rizal, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini