PERANCANGAN DATA ARCHITECTURE UNTUK FUNGSI AKADEMIK PADA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI (IPDN) MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM STUDI KASUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD)

ANDIKA DESTA GINANJAR

Informasi Dasar

15.04.656
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan memiliki fokus utama pada bagian pelayanan akademik. Dalam mendukung kegiatan operasioal akademik, maka perlu dibuat sebuah Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Namun dalam pelaksanaannya, penerapan SIAKAD tidak selalu berjalan lancar dan masih terdapat beberapa kendala, seperti belum terdapatnya arsitektur data yang berdampak pada terhambatnya pertukaran informasi (interoperabilitas) antar aplikasi sehingga kebutuhan mengenai data akan sulit dipenuhi dalam waktu yang cepat dan tepat. Enterprise architecture digunakan untuk mewujudkan keselarasan teknologi informasi dengan bisnis yang dijalankan organisasi. Framework yang digunakan dalam perancangan EA adalah TOGAF ADM. TOGAF ADM merupakan sebuah metode yang kompleks yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan pengembangan EA. Penelitian ini berfokus pada perancangan arsitektur data. Dalam perancangan digunakan aplikasi Mega Suite untuk pembuatan diagram-diagram dalam masing- masing tahapan. Output dari arsitektur data menghasilkan blueprint yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan sistem informasi akademik untuk mendukung dan menunjang strategi bisnis IPDN.

Kata Kunci : Arsitektur Enterprise, Arsitektur Data. TOGAF ADM, SIAKAD

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DATA ARCHITECTURE UNTUK FUNGSI AKADEMIK PADA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI (IPDN) MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM STUDI KASUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDIKA DESTA GINANJAR
Perorangan
Murahartawaty, Ridha Hanafi
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini