PERANCANGAN APPLICATION ARCHITECTURE UNTUK FUNGSIAKADEMIK PADA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI(IPDN) MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM STUDI KASUSSISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD)

SATRIA JANAKA

Informasi Dasar

15.04.655
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebagai Perguruan Tinggi kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia (DEPNAGRI) , merupakan salah satu institusi di Indonesia yang memiliki peran penting dalam pendidikan. Dalam melaksanakan tugasnya, IPDN melibatkan teknologi informasi untuk membantu berjalannya proses akademik. Implementasi SIAKAD adalah langkah IPDN untuk meningkatkan kualitas kegiatan akademik di IPDN. Dalam penerapannya, keselarasan antara teknologi informasi dan strategi bisnis menjadi tantangan dalam implementasi SIAKAD. Enterprise Architecture bertujuan untuk mewujudkan keselarasan antara TI dan proses bisnis, serta perencanaan dan analisis kapabilitas sistem informasi dalam rangka mencapai tujuan strategis organisasi dengan merancang arsitektur sesuai dengan kebutuhan proses bisnis. Untuk merancang Enterprise Architecture, dibutuhkan framework yang lengkap dan mendetail. TOGAF ADM memberikan metode dan fase – fase yang secara mendetail bagaimana merancang, membangun, dan mengelola sebuah arsitektur enterprise dan sistem informasi. TOGAF ADM memiliki tahapan – tahapan berupa siklus, yang terdiri dari Preliminary Phase, Architecture Vision, Business Architecture, Data Architecture, Application Architecture,Technology Architecture, Opportunities and Solutions, Migration Planning, Implementation Governance, dan Architecture Change Management. Perancangan Enterprise Architecture pada penelitian ini menghasilkan Blueprint arsitektur aplikasi target dan komponen roadmap yang kedepannya bisa menjadi pedoman dalam pembangunan dan pengembangan SIAKAD pada IPDN. Kata Kunci : Enterprise Architecture, SIAKAD, TOGAF ADM, Arsitektur Aplikasi, IPDN

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN APPLICATION ARCHITECTURE UNTUK FUNGSIAKADEMIK PADA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI(IPDN) MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM STUDI KASUSSISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIA JANAKA
Perorangan
Murahartawaty, Ridha Hanafi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini