PENERAPAN SISTEM MANUFACTURING BERBASIS OPENERP DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT(studi kasus : PT Genta Trikarya)

FAJRUL ALFIAN

Informasi Dasar

15.04.650
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Genta Trikarya merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi gitar dengan target pasar dalam maupun luar negeri. PT Genta Trikarya mengalami permasalahan-permasalahan terkait manufaktur seperti kesalahan dalam perhitungan dan pendataan kebutuhan produksi, pembuatan dan pendokumentasian alur proses manufaktur serta pengendalian proses manufaktur yang tidak terorganisir. Hal ini disebabkan sistem informasi yang berjalan pada PT Genta Trikarya belum terintegrasi dan terotomatisasi.

Maka dari itu, dilakukan pengembangan dan perancangan sebuah sistem informasi yang mampu mendukung kegiatan manajemen produksi pada PT Genta Trikarya. Pengembangan dan perancangan sistem ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Penulis melakukan analisis terhadap proses bisnis yang berjalan pada perusahaan. Berdasarkan analisis tersebut, kemudian penulis merancang proses bisnis usulan dan melakukan pengembangan terhadap aplikasi OpenERP khususnya modul Manufacturing sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selanjutnya sistem yang telah dirancang diuji oleh user untuk diterapkan pada perusahaan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem manufacturing OpenERP yang telah disesuaikan dengan karakteristik, kondisi dan kebutuhan perusahaan yang dapat mempermudah perusahaan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan terkait kegiatan manufaktur pada PT Genta Trikarya.

Kata Kunci : ERP, Manufacturing, Open ERP, RAD

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENERAPAN SISTEM MANUFACTURING BERBASIS OPENERP DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT(studi kasus : PT Genta Trikarya)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAJRUL ALFIAN
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, R.Wahjoe Witjaksono,
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini