PERANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI PADA PT. TELEHOUSE ENGINEERING MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM

GALIH FATHONI

Informasi Dasar

15.04.640
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini teknologi informasi telah digunakan secara luas, dari institusi sampai perusahaan. Teknologi informasi dapat membantu dalam menjalankan proses bisnis yang ada. PT. Telehouse Engineering merupakan salah satu perusahaan yang telah menerapkan teknologi informasi. PT. Telehouse Engineering telah berdiri sejak 9 juni 2003, bergerak pada bidang mekanik, listrik, dan infrastruktur. Walaupun PT. Telehouse Engineering telah menerapkan teknologi informasi, tapi tidak terdapat adanya integrasi aplikasi dan teknologi serta pemanfaatan resource pada bidang teknologi informasi yang kurang maksimal.

Perancangan enterprise architecture pada PT. Telehouse Engineering menggunakan metode framework TOGAF ADM. Digunakannya framework TOGAF ADM karena framework ini mempunyai proses lengkap, terstruktur, dan fleksibel terhadap perubahan. Tahapan pada TOGAF ADM antara lain : preliminary, architecture vision, business architecture, information system architecture, technology architecture, opportunities and solution, implementation governence, dan architecture change management. Dengan menggunakan tool Mega dan Visio yang akan menghasilkan artefak yang berupa katalog, matriks, dan diagram. Artefak-artefak tersebut yang menjadi dasar dalam menganalisa kondisi baseline pada perusahaan dan merancang arsitektur target. Berdasarkan target dan roadmap yang dibuat dan dianalisis pada penelitian ini menghasilkan sebuah blueprint arsitektur teknologi.

Blueprint arsitektur teknologi tersebut yang menjadi solusi dari permasalahan pada PT. Telehouse Engineering dam juga dapat digunakan sebagai dasar pengembangan arsitektur teknologi pada perusahaan ke depannya.

Kata kunci : enterprise architecture, TOGAF ADM, blueprint, arsitektur teknologi

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

PERANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI PADA PT. TELEHOUSE ENGINEERING MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GALIH FATHONI
Perorangan
Murahartawati, DK Diandana Raija
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini