DESAIN DAN ANALISA INFRASTRUKTUR JARINGAN WIRED DI PDII-LIPI JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC)

ARIF NURFAJAR

Informasi Dasar

15.04.617
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi sudah menjadi suatu hal yang harus dimiliki oleh perusahaan pada saat ini. Dengan menerapkan TI pada perusahaan, sistem informasi pada perusahaan akan bekerja secara maksimal sehingga kinerja perusahaan akan meningkat. Pusat Dokumentasi Dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) Jakarta merupakan salah satu bagian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bergerak di bidang dokumentasi informasi ilmiah dan menyediakan layanan jurnal dan informasi ilmiah. PDII-LIPI menggunakan media transmisi kabel (wired) pada jaringan LAN untuk menjalankan fungsi kerjanya.

Desain jaringan usulan dirancang berdasarkan konsep Cisco Three-Layer Hierarchial Model yaitu membagi fungsi dari setiap perangkat jaringan sesuai dengan lapisan perangkat tersebut berada. Dengan menerapkan konsep tersebut, dapat mengurangi biaya dan penggunaan perangkat jaringan pada suatu perusahaan. PDII-LIPI memiliki dua koneksi internet yang berasal dari dua provider yang berbeda. Untuk mengatur koneksi tersebut digunakan Hot Standby Router Protocol yang dikonfigurasi pada kedua router. HSRP tersebut berfungsi untuk memastikan bahwa koneksi tetap upapabila salah satu koneksi bermasalah atau down. HSRP bekerja dengan membuat satu routerselalu aktif dan satu router dalam keadaan standby. Sehingga apabila koneksi dari router yang selalu aktif mati maka router standby akan berubah status menjadi aktif dan berperan sebagai router utama.

Pengujian yang dilakukan dengan mengukur parameter QoS pada desain jaringan usulan. Parameter yang diukur adalah throughput, delay, dan packet loss. Pengujian dilakukan dengan melakukan streaming video dari sisi server dan pada sisi client akan melakukan streaming. Parameter QoS tersebut akan dibaca oleh wireshark yang nantinya akan dibuat sebuah analisis.

Kata Kunci [Media transmisi kabel, Cisco Three-Layer Hierarchial Model, Hot Standby Router Protocol, QoS]

Subjek

Network - design - & implementation
 

Katalog

DESAIN DAN ANALISA INFRASTRUKTUR JARINGAN WIRED DI PDII-LIPI JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF NURFAJAR
Perorangan
Mochamad Teguh Kurniawan, Umar Yunan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini