EVALUATION OF MANUAL PATIENT HANDLING ACTIVITYTO REDUCE MUSCULOSKELETAL DISORDERS WITHMOVEMENT AND ASSISSTANCE ON HOSPITAL PATIENT(STUDY CASE R.S MUHAMMADIYAH BANDUNG)

AMANDA PUSPITA PERMATA SARI

Informasi Dasar

15.04.615
620.82
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aktivitas handling cenderung meningkatkan risiko gangguan muskuloskeletal atau MSDs ketika dilakukan dengan metode yang salah. Salah satu kegiatan handling yang memiliki risiko MSDs tinggi yaitu aktivitas keperawatan. Pengamatan menunjukkan bahwa penanganan pasien dalam proses memindahkan pasien dari tempat tidur ke tempat tidur, tempat tidur ke kursi roda atau sebaliknya dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk menilai risiko MSDs antara perawat di bangsal yang berbeda pada rumah sakit Muhammadiyah dengan menggunakan MAPO (Movement and Assistance on Hospital Patient). Penelitian dilakukan di 13 unit di RS Muhammadiyah terdiri dari 111 ruangan yang diteliti. Beberapa staff perawat (N = 30) diminta untuk melaporkan pengalaman MSDs dalam satu tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 unit berada pada kategori merah, 6 unit pada kategori kuning, dan 4 unit datang pada kategori hijau. Kategori ini menunjukkan besarnya risiko yang timbul dari kegiatan penanganan pasien dengan penjelasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhinya dan bagaimana solusi harus dilakukan pada setiap kategori. Lifting factor adalah salah satu komponen yang terdapat dalam perhitungan MAPO Index. Faktor ini mengindikasikan terdapat tingkat aktivitas patient handling yang cukup tinggi. Namun minor aids factor menunjukan hasil yang sangat buruk, karena hampir tidak ada alat bantu sederhana yang digunakan untuk menunjang kebutuhan aktivitas patient handling. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas ini cenderung menimbulkan risiko MSDs untuk perawat. Faktor lainnya seperti environmental sebesar 27%, training factor 35%, dan juga wheelchair factor 43% masih harus memenuhi persyaratan untuk melakukan aktivitas penanganan yang tepat pada setiap bangsal. Oleh karena itu sangat dibutuhkan beberapa program yang sesuai dengan kriteria ergonomi untuk mengurangi risiko sesegera mungkin. Kata Kunci— manual handling, patient handling, MAPO Index, movement and assistance of hospital patient, musculoskeletal disorders

Subjek

Ergonomics
 

Katalog

EVALUATION OF MANUAL PATIENT HANDLING ACTIVITYTO REDUCE MUSCULOSKELETAL DISORDERS WITHMOVEMENT AND ASSISSTANCE ON HOSPITAL PATIENT(STUDY CASE R.S MUHAMMADIYAH BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMANDA PUSPITA PERMATA SARI
Perorangan
Rino Andias Anugraha, Yusuf Nugroho Doyo Yekti
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini