PENGARUH RISIKO KREDIT, RISIKO LIKUIDITAS DAN PERMODALAN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Empiris pada Bank Domestik dan Bank Asing di Indonesia Periode 2011-2013)

FLORENCIA SENDY AGUSTA

Informasi Dasar

15.04.606
332.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risiko kredit (NPL), risiko likuiditas (LDR), dan permodalan (CAR) terhadap profitabilitas bank (ROA) dengan studi empiris pada bank domestik dan bank asing di Indonesia periode 2011-2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Direktori Perbankan Indonesia 2011-2013, serta laporan keuangan tahunan masing-masing bank periode 2011-2013. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 26 bank yang terdiri dari 20 bank domestik dan 6 bank asing. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh risiko kredit (NPL), risiko likuiditas (LDR), dan permodalan (CAR) terhadap profitabilitas bank (ROA) dan uji chow untuk mengetahui beda pengaruh risiko kredit (NPL), risiko likuiditas (LDR), dan permodalan (CAR) terhadap profitabilitas bank (ROA) antara bank domestik dan bank asing. Hasil uji t menunjukkan risiko kredit (NPL) tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap profitabilitas bank (ROA) pada bank domestik dan bank asing. Risiko likuiditas (LDR) tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap profitabilitas bank (ROA) bank asing. Permodalan (CAR) tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap profitabilitas bank (ROA) pada bank domestik dan bank asing. Berdasarkan hasil uji Chow diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pengaruh risiko kredit (NPL), risiko likuiditas (LDR), dan permodalan (CAR) terhadap profitabilitas bank (ROA) antara bank domestik dan bank asing. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi manajemen bank, investor dan masyarakat luas. Kata kunci: risiko kredit, risiko likuiditas, permodalan, profitabilitas bank

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE-BANK
 

Katalog

PENGARUH RISIKO KREDIT, RISIKO LIKUIDITAS DAN PERMODALAN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Empiris pada Bank Domestik dan Bank Asing di Indonesia Periode 2011-2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FLORENCIA SENDY AGUSTA
Perorangan
Mohamad Rafki Nazar
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini