IMPLEMENTASI TAMPILAN DIGITAL JADWAL ADZAN DAN KEGIATAN TAKMIR MASJID MENGGUNAKAN INTERFACE WEB

ZEHAN ZULKARNAEN

Informasi Dasar

15.06.171
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dewasa ini penggunaan teknologi informasi di Indonesia sedang dalam masa penerapan dan pengembangan. Contohnya seperti penggunaan gadget, komputer, televisi bahkan sampai dengan papan informasi yang dulu hanya menggunakan papan tulis biasa dan penulisan informasi secara manual dengan menggunakan boardmarker sekarang sudah menggunakan layar monitor dan berbasiskan komputer. Namun papan informasi digital yang sudah ada dirasa masih memiliki banyak keterbatasan seperti masih menggunakan kabel sebagai media penghubungnya, serta penggunaan CPU yang cukup besar sebagai bagian dari sistemnya.

Pada proyek ini dikembangkan suatu sistem berdasarkan teknologi yang sudah ada sebelumnya, yaitu sistem papan informasi digital. Namun akan ada sedikit perbedaan yakni papan informasi ini akan digunakan sebagai media penyampaian informasi Takmir (pengurus masjid) serta menggunakan tatap muka berupa web dan akan di implementasikan di Masjid. Pada masjid akan dipasang sebuah monitor yang disambungkan oleh suatu mini CPU Raspberry Pi. Sistem papan informasi digital ini akan menampilkan informasi berupa jadwal adzan, jadwal kajian/ceramah, penceramah Khotbah Jum’at, berita duka, kas Masjid dan juga informasi seputar masjid di dalam suatu web. Web tersebut bersifat localhost dan akan diakses oleh mini CPU dari media penyimpanan secara otomatis ketika perangkat mini CPU dinyalakan.

Hasil akhir yang didapatkan pada Implementasi Tampilan Digital Jadwal Adzan Dan Kegiatan Takmir Masjid Menggunakan Interface Web ini adalah 100% dari 24 orang jamaah seluruhnya merasa tertarik terhadap sistem ini dan rata-rata delay alarm jadwal adzan adalah 3,64 detik terhadap penunjuk waktu yang ditampilkan oleh monitor.

Kata kunci : Jadwal Adzan, Papan Informasi Digital, Raspberry PI, Web.

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

IMPLEMENTASI TAMPILAN DIGITAL JADWAL ADZAN DAN KEGIATAN TAKMIR MASJID MENGGUNAKAN INTERFACE WEB
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZEHAN ZULKARNAEN
Perorangan
Denny Darlis, Rohmat Tulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini