Analisis Kualitas E-Learning Dengan Menggunakan ISO/IEC 19796-1 (Studi Kasus: I-Caring)Quality Analysis Of E-Learning Using ISO/IEC 19796-1 (Case Study: I-Caring)

ERNEST S S

Informasi Dasar

15.04.553
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi saat ini semakin memacu peningkatan mutu pelayanan di berbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan. Pesatnya perkembangan e-Learning, membuat kebutuhan akan adanya pengukuran kualitas e-Learning menjadi sangat penting. Pengukuran kualitas e-Learning sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan penerapan e-Learning bagi proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan. ISO/IEC 19796-1 adalah model deskripsi kualitas yang secara khusus digunakan sebagai standarisasi penilaian kualitas dari LTE (Learning, Training, Education). Model ISO/IEC 19796-1 ini dapat diterapkan untuk penilaian kualitas e-Learning. Model deskripsi kualitas ISO/IEC 19796-1 terdiri tujuh kategori, yaitu: Need Analysis, Framework Analysis, Conception/Design, Development/Production, Implementation, Learning Process, dan Evaluation/Optimization. Dalam penelitian ini penulis menganalisis kualitas e-Learning yang dimiliki Universitas Telkom, yaitu i-Caring, berdasarkan model standar deskripsi kualitas ISO/IEC 19796-1 dan metode kualitatif Sugiyono dalam pengukuran kualitas. Metode kualitatif Sugiyono akan menghasilkan nilai kualitas dari i-Caring dan kualitas terendah dari setiap dimensi yang ada di i-Caring. Penilaian kualitas terendah tersebut nantinya digunakan untuk menemukan solusi perbaikan dari i-Caring. Hasil dari pengukuran kualitas yang dilakukan, didapatkan nilai kualitas dari i-Caring dalam kategori baik.

Kata Kunci: E-Learning, ISO/IEC 19796-1, metode kualitatif Sugiyono

Subjek

E-LEARNING
 

Katalog

Analisis Kualitas E-Learning Dengan Menggunakan ISO/IEC 19796-1 (Studi Kasus: I-Caring)Quality Analysis Of E-Learning Using ISO/IEC 19796-1 (Case Study: I-Caring)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERNEST S S
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini