Analisis Mekanisme Active Queue Management (AQM) Berbasis Controlled Delay (CoDel) terhadap Bufferbloat pada Koneksi Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)

GINANJAR RAHMANSYAH

Informasi Dasar

15.04.496
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bufferbloat adalah kondisi ketika buffer dengan ukuran besar cenderung selalu penuh, menyebabkan antrian panjang di dalam buffer, bila terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan delay transmisi menjadi tinggi. Active Queue Management (AQM) merupakan salah satu mekanisme untuk mengatasi bufferbloat. Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan implementasi dan pengujian AQM Controlled Delay atau CoDel untuk penanganan bufferbloat, kemudian membandingkannya dengan Drop Tail. CoDel akan diuji terhadap berbagai kondisi bottleneck dan intensitas traffic. Parameter keluaran yang ditinjau adalah latency, throughput dan packet loss. CoDel akan diterapkan pada PC Router berbasis Linux yang terhubung ke Internet menggunakan koneksi ADSL. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada parameter CoDel menunjukkan bahwa nilai target 1 ms lebih baik dari parameter yang direkomendasikan CoDel yang bernilai 5 ms dengan mendapatkan delay yang lebih rendah. Pada perbandingan AQM, CoDel jauh mengungguli Drop Tail bila ditinjau dari kemampuanya dalam menjaga latency yang rendah. Namun, apabila ditinjau dari parameter throughput dan packet loss-nya, CoDel lebih buruk daripada Drop Tail.

Kata kunci: bufferbloat, AQM, CoDel, delay, ADSL

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Mekanisme Active Queue Management (AQM) Berbasis Controlled Delay (CoDel) terhadap Bufferbloat pada Koneksi Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GINANJAR RAHMANSYAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini