PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI LOKASI MEJA PELANGGAN MENGGUNAKAN RFID DI FOOD COURT SUBSISTEM HARDWARE

DHARMA ANJARRAHMAN

Informasi Dasar

15.04.466
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Food Court pada dasarnya adalah tempat makan yang terdiri dari beberapa counter/kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Luas area dan jumlah meja pelanggan yang dimiliki oleh suatu Food Court mempengaruhi tingkat kesulitan pengantar makanan untuk mengetahui letak meja customer secara tepat dan efisien. Food court yang memiliki area yang luas dan jumlah meja yang banyak adalah kendala sekaligus masalah bagi customer maupun bagi pengantar makanan. Karena customer menginginkan pesanannya lekas sampai, dan pengantar makanan harus secepat mungkin menemukan lokasi pelanggan berada. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang lebih baik untuk speed-up proses menemukan meja customer tersebut. Untuk menjawab persoalan tersebut, dalam Tugas Akhir ini dirancang dan dibuat sebuah sistem yang memanfaatkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dan mikrokontroller Arduino yang akan digunakan untuk menginformasikan lokasi meja customer kepada penyedia makanan secara cepat dan tepat. Setiap pelanggan yang datang ke Food Court akan diberikan sebuah kartu. Kartu tersebut digunakan untuk mengidentifikasi data pesanan kemudian akan dibaca melalui RFID reader yang terdapat di sejumlah titik di sekitar meja pelanggan. Kemudian data ID kartu dan nomor meja akan dikirim kepada kios penyedia makanan yang bersangkutan.
Pada tugas akhir ini didapat keluaran berupa informasi nomor meja pelanggan yang telah melakukan pemesanan pada masing-masing kios penjual makanan. Adapun hal-hal yang diuji pada tugas akhir ini adalah jarak dan posisi keterbacaan RFID, kecepatan baca RFID, kecepatan tulis RFID, ketepatan baca RFID, ketepatan tulis RFID, serta pengiriman data dari Arduino ke database server. 
Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem ini memiliki jarak keterbacaan rata-rata 4,41 cm, kecepatan baca rata-rata selama 0,00952 cm, kecepatan tulis rata-rata selama 0,0108 detik, ketepatan baca dan tulis dengan akurasi 100%, dan kecepatan pengiriman data ke database sebesar 0,077 detik.

Kata Kunci : RFID, Food court, Pelacakan meja pelanggan, mikrokontroller, arduino uno

Subjek

RFID
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI LOKASI MEJA PELANGGAN MENGGUNAKAN RFID DI FOOD COURT SUBSISTEM HARDWARE
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHARMA ANJARRAHMAN
Perorangan
Agung Nugroho Jati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini